Setya Novanto Bikin Jokowi 'Dilupakan'

Setya Novanto (kiri) beserta istrinya, Deisti Astriani Tagor (kanan)
Sumber :
  • ANTARA Foto//Maulana Surya

VIVA – Perhatian masyarakat di negeri ini terpusat pada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Setya Novanto. Sejak Rabu malam hingga Kamis malam ini, 15-16 November 2017, media massa, terutama online dan televisi, memantau terus informasi tentang Novanto. Obrolan media sosial juga dibanjiri topik soal Ketua Umum Golkar itu.

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Perhatian publik mulai terseret secara massif ke Novanto setelah rumahnya di kawasan elit di Jakarta Selatan didatangi Komisi Pemberantasan pada kemarin malam hingga Kamis dini hari. Media menyebutkan petugas KPK akan menjemput paksa Novanto. Tetapi yang dicari tidak ada di dalam rumah.

Kamis malam, perhatian publik kian meluas kala Novanto mengalami tabrakan saat disebut-sebut akan mendatangi kantor KPK. Hasil pantauan IT-Research and Politic Consultant atau iPOL Indonesia menyebutkan, sebanyak 2.550 lebih media online fokus memberitakan kejadian itu.

Polisi Didesak Segera Usut Pernyataan Agus Rahardjo Soal Jokowi Stop Kasus e-KTP

Itu hasil pantauan iPOL dengan menggunakan bigdata media monitoring sejak sekira pukul 20.00 WIB (Kamis, 16 November 2017). "Semua menunjukkan pemberitaan Setnov sesuai dengan realitanya," kata CEO iPOL Indonesia, Petrus Hariyanto kepada VIVA. "Itu sejak tiga jam lalu."

Secara kuantitas, berita Novanto itu menggeser fokus pemberitaan Presiden Joko Widodo sebelumnya seusai hadir dari acara Nasdem. Kala kabar-kabar kecelakaan Novanto tersiar, berita Jokowi melorot jadi 10,5 persen. Sementara berita Novanto naik 46,33 persen.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Bahkan, intensitas berita Jokowi dikalahkan oleh berita-berita kuasa hukum Novanto, Fredrich Yunadi (22,44 persen). "Ini sekarang kami terus memantau trending topic di media online seluruh Indonesia, masih seputar tentang Setya Novanto," terang Petrus.

Seperti diberitakan, Novanto mengalami kecelakaan saat dalam perjalanan menuju ke salah satu studio televisi swasta di Jakarta Barat. Fredrich menuturkan, mobil Fortuner bernomor polisi B 1732 ZLO yang membawa Novanto mengalami kecelakaan lalu lintas.

Dia dikabarkan mengalami luka dan dilarikan ke RS Permata Hijau. "Saya mendapatkan kabar dari ajudan, 'Pak, Bapak kecelakaan nabrak tembok, kaca kanan kiri pecah, pingsan'. Langsung dibawa ke sini, ke ICU perlu MRI," kata Fredrich Yunadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya