Diterjang Puting Beliung, 15 Rumah Rusak di Tangerang

Rumah rusak di Tangerang karena puting beliung
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Belasan rumah di Desa Benda, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang, mengalami kerusakan setelah diterjang angin puting beliung, Jumat, 17 November 2017. Tak hanya itu, satu rumah yang dijadikan kobong (pesantren) tertimpa pohon besar dengan diameter 30 sentimeter dan tinggi 5 meter.

INFOGRAFIK: Perbedaan Tornado dan Puting Beliung yang Jadi Perdebatan

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tangerang, Agus Suryana, mengatakan, peristiwa tersebut terjadi pada pukul 13.00 WIB. Bermula dari hujan ringan yang tiba-tiba disertai dengan angin puting beliung.

"Rumah, kobong serta satu sekolah yang rusak, yakni MTS Perintis Futuhiyah mengalami kerusakan hanya pada bagian atapnya. Saat ini sedang proses evakuasi," katanya di Tangerang, Jumat, 17 November 2017.

Belasan Rumah Warga di Kertasari Bandung Rusak Akibat Puting Beliung

Sementara itu, Kapolsek Balaraja, Kompol Wendy Andrianto, mengatakan, pihak kepolisian yang turut membantu proses evakuasi tidak menemukan adanya korban luka ataupun jiwa. Hanya saja, kerugian materi yang cukup besar.

"Pada saat kejadian memang seluruh pemilik bangunan berada di dalam, namun pohon ataupun angin puting beliung yang menerjang bangunan hanya menyapu bagian atap, sedangkan untuk bangunan masih kokoh. Alhasil korban pun tidak ada," tuturnya.

Puting Beliung Kembali Terjang Pemukiman di Bandung

Sementara pesantren paling berat mengalami kerusakan. Dan saat kejadian, kondisi pesantren kosong karena para santri sedang di masjid, sehingga tidak ada korban jiwa atau luka.

Adapun kerugian materi secara keseluruhan kurang lebih Rp300 juta. Saat ini, proses evakuasi pun masih berlanjut. Sedangkan para pemilik bangunan masih tetap bertahan di bangunan miliknya. (one)

Bantuan untuk korban angin puting beliung [dok. Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat]

Pertamina Salurkan Bantuan ke Korban Bencana Angin Puting Beliung di Bandung dan Sumedang

Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, menyalurkan bantuan berupa paket makanan siap saji, selimut, serta terpal, kepada para warga korban angin puting beliung

img_title
VIVA.co.id
28 Februari 2024