Gempa Morotai Rusak 294 Bangunan di Enam Desa

Salah satu kondisi rumah milik warga di Pulau Morotai yang terdampak bencana gempa bumi pada Sabtu (18/11/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/BNPB

VIVA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Maluku Utara mencatat, sebanyak 294 bangunan di enam desa Pulau Morotai mengalami kerusakan akibat gempa bumi pada Sabtu malam, 18 November 2017.

5 Ramalan Jayabaya yang Terjadi di Tahun 2024, dari Bencana Alam hingga Situasi Politik

"Satu orang meninggal dunia. Total kerusakan, 160 rumah rusak berat, satu rumah rusak sedang, 108 rumah rusak ringan, satu Pustu (Puskesmas Pembantu) rusak berat, 12 gereja, dan satu sekolah dasar rusak ringan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Selasa, 21 November 2017.

Ada pun keenam desa yang terdampak yakni Desa Posi-Posi, Leo-Leo Rao, Aru Burung, Lou Madoro, Saminya Mao, dan Desa Waya Bula.

Bukan Hanya Terbelah, Raja Jayabaya Juga Ramal Pulau Jawa Bakal Tenggelam

Selain itu, sebanyak 500 orang terpaksa diungsikan, untuk menghindari dampak gempa susulan yang masih berlanjut. "Masyarakat diimbau untuk tenang dan meningkatkan kewaspadaan dari ancaman gempa," kata Sutopo.

Gempa bumi yang melanda Pulau Morotai terjadi Sabtu malam, sekira pukul 23.00 dengan kedalaman gempa 15 kilometer.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Dengan kekuatan gempa 5,7 skala richter, gempa yang tak berpotensi tsunami ini terjadi di 37 kilometer barat laut Pulau Morotai Maluku Utara. (mus)

Bangunan rubuh di Taiwan usai dilanda gempa

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Tim penyelamat Taiwan mencari 18 orang yang masih hilang pada Jumat, 5 April pasca gempa bumi yang terjadi pada Rabu lalu.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024