Poros Emas Timbang Kans Mahfud MD Jadi Calon Gubernur Jatim

Petugas mengecek kelengkapan logistik Pilkada Jatim. (ANTARA FOTO/Rudi Mulya)
Sumber :

VIVA – Khofifah Indar Parawansa memastikan menggandeng Emil Elistianto Dardak maju di Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Demokrat dan Golkar telah memutuskan duet itu. Setelah itu Gerindra, PAN dan PKS kian intensif menjalin komunikasi membentuk poros baru bernama Poros Emas.

Gerindra Hanya Rekom Khofifah sebagai Cagub Jatim, Emil Tak Pasti jadi Cawagub

Lima partai bakal mengusung Khofifah-Emil, yakni Nasdem, Golkar, Demokrat, PPP, dan Hanura. Sementara PKB-PDIP telah mengusung duet Saifullah Yusuf alias Gus Ipul-Abdullah Azwar Anas. Tinggal Gerindra, PAN, dan PKS yang kini belum menentukan sikap. Tiga partai ini berencana membentuk Poros Emas.

Informasi diperoleh, Poros Emas sempat merayu Emil Dardak untuk diusung jadi bakal calon gubernur. "Kita masih intens komunikasi pasca-Emil (digandeng Khofifah)," kata Wakil Ketua Partai Gerindra Jawa Timur, Hendro Tri Subiantoro, dihubungi melalui sambungan telepon genggamnya, Kamis, 23 November 2017.

Khofifah: Kita Doakan Oktober Mendatang Presiden ke-8 Prabowo Dilantik

Hendro mengakui bahwa Poros Emas sempat melobi Emil untuk diusung di Pilgub Jatim 2018. Tetapi suami Arumi Bachsin itu memilih pinangan Khofifah. Di luar Emil, beberapa nama yang dibahas Poros Emas, di antaranya, Mahfud MD, Muhammad Nuh, La Nyalla Mattalitti, Bupati Bojonegoro Suyoto, Ketua PAN Jatim Masfuk.

Dari Gerindra juga sempat muncul nama Ketua dan Sekretaris Gerindra Jatim, Supriyatno dan Anwar Sadad. "Nama-nama itu masih digodok dan didalami, tapi memang belum ada keputusan untuk me-launching siapa yang akan diusung dalam waktu dekat," ujar Hendro.

Khofifah: Anggota KPPS Pejuang Demokrasi, Berkat Mereka Pemilu Sukses

Dia memastikan Poros Emas masih solid kendati banyak kabar dan besar kemungkinan partai pengusung calon lain berusaha untuk mengajak bergabung. Kenapa belum juga tidak menentukan keputusan? "Karena demi kebaikan warga Jawa Timur, tidak bisa tergesa-gesa. Kami masih terus menjaring aspirasi dari masyarakat," ujar Hendro.

Dua pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur sudah muncul, yakni Khofifah-Emil dan Gus Ipul-Azwar Anas. Dua pasangan calon itu diunggulkan dalam Pilgub Jatim dan disebut-sebut akan bersaing kuat untuk merebut suara masyarakat Jawa Timur.

Pemabaran hasil survei ARCI soal Pilgub Jatim 2024 di Surabaya.

Simulasi 3 Nama Pilgub Jatim Versi ARCI: Khofifah Unggul, Dibayangi Cak Imin dan Risma

Berdasarkan popularitas figur, Khofifah juga unggul.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024