Konflik Papua, dari Mana Pasokan Senjata

Sebagian kecil anggota kelompok bersenjata dari Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat memamerkan senjata yang dimilikinya di kawasan tembagapura, November 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/tpnpbnews

VIVA – Kepolisian masih menelusuri asal senjata milik kelompok separatis di Papua. Dugaan sementara, kelompok ini menggunakan senjata rampasan dan pasokan dari luar negeri.

Pratu Herianto, Korban Kebiadaban Teroris OPM Diterbangkan ke Timika

"Ada yang dari luar negeri dan ada juga dari anggota kami yang gugur," kata Karo Multimedia Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rikwanto, Jumat, 24 November 2017.

Namun, Rikwanto enggan merinci negara mana yang diduga menjadi pemasok kelompok yang sejak puluhan tahun berkonflik dengan Polri dan TNI itu.

Gerombolan KST Berulah Kembali, Bakar Honai Milik Masyarakat di Papua

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyebutkan jika kelompok bersenjata yang kerap menembaki aparat keamanan, menggunakan senjata dari rampasan.

Jumlah senjata itu diperkirakan hanya sebanyak 30 unit dan dikuasai oleh kelompok yang disebut pemerintah sebagai Kelompok Kriminal Separatisme Bersenjata tersebut.

Upacara Militer Iringi Pemulangan 3 Jenazah Prajurit TNI dari Papua
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri saat rilis akhir tahun 2022

Aksi Teror KKB di Papua 2022 Turun, Korban TNI-Polri dan Warga Sipil Bertambah

Menurut Kapolda Papua, kasus kekerasan KKB pada masyarakat maupun aparat tahun 2022 mengalami penurunan sebanyak 16 kasus dari 106 kasus di tahun 2021 menjadi 90 kasus

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2022