Creativity Day for Teachers Bangun Generasi Sadar Wisata

Murid PAUD Peringati Hari Kartini
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA – Workshop Creativity Day for Teachers (23/11/2017), berlangsung sukses. Sebanyak 285 guru PAUD se-Belitung sukses didrive ke arah wawasan wisata. Semuanya dikawal langsung Ikatan Alumni ITB Komisariat 85 dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Kegep! Ada Cuplikan Sawah Bali dalam Video Promosi Pariwisata Filipina

“Kita harus terus membangun masyarakat kreatif berwawasan pariwisata yang berkesinambungan. Untuk itulah kita mendukung workshop ini,” kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti yang didampingi Kepala Bidang Penguatan Jejaring Kemenpar Hidayat, Jumat 24 November 2017.

Lebih Lanjut Hidayat mengatakan, memajukan sektor pariwisata tidak akan lepas dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal. Dengan menumbuh kesadaran dan kepekaan terhadap kepariwisataan sejak dini.

Sandiaga Uno Ternyata Melow, Nangis Waktu Nonton Film Ini

“Keberhasilan pembangunan kepariwisataan tidak akan pernah lepas dari SDM yang handal, dan untuk itu pengenalan masyarakat kreatif berwawasan pariwisata ini sangatlah tepat jika dimulai dari generasi emas, generasi usia dini. Dan salah satu pihak yang berperan membangun generasi emas ini adalah guru. Untuk itulah workshop ini dibuat," kata Hidayat.

Menurut Hidayat sangatlah tepat jika workshop ini diadakan di Belitung. Belitung merupakan salah satu dari 10 Bali baru yang dicanangkan pemerintah. Nantinya diharapkan para pendidik ini dapat membentuk karakter generasi sadar wisata. Sehingga pariwisata Belitung dapat berkembang.

Akatara 2021 Bakal Gaet Pelaku Perfilman Senior

“Proses kita mulai dari sekarang, walau pun hasilnya tidak akan langsung kita rasakan. Tetapi ke depannya kreativitas dari apa yang kita bangun sekaranglah yang akan membangun pariwisata Belitung nantinya,” kata Hidayat.

Workshop yang di Ikatan Alumni ITB Komisariat 85 gagas ini merupakan salah satu bentuk komitmen Kemenpar dalam membangun pariwisata di Belitung.

“Ini merupakan bentuk komitmen kami dalam mengembangkan pariwisata Belitung. Untuk itu kita menggandeng semua pihak, salah satunya Ikatan Alumni ITB Komisariat 85 ini,” tambahnya.

Dalam workshop yang berlangsung di Hotel Santika Premiere tersebut para pendidik di ajarkan untuk kreatif dalam mengajarkan anak didiknya. Sehingga diharapkan nantinya akan lahir individu-individu yang kreatif. Di samping itu para guru juga di ajarkan untuk menanamkan nilai-nilai budaya melalui gerak dan lagu serta story telling.

“Individu kreatif dapat diciptakan melalui pendidikan kreatif yang sudah selayaknya diperkenalkan sejak usia dini. Melalui gerak dan lagu serta story telling kita mendorong penanaman nilai-nilai budaya. Di samping itu pula kita ajarkan para guru tersebut utuk berperan aktif dalam membangun generasi sadar wisata," Kata ketua Ikatan Alumni ITB Komisariat 85 ini, Larasati Sedyaningsih.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pun mengapresiasi acara tersebut. Menurutnya dunia pariwisata itu dituntut harus kreatif dan terus berinovasi. Maka dari itu pembangunan guru yang siap membentuk generasi sadar wisata yang kreatif mutlak diperlukan. Sehingga nantinya akan tumbuh generasi sadar wisata yang kreatif. Siap bersaing dalam membangun pariwisata.

“Generasi emas ini harus kita bentuk, sehingga nantinya akan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Kita butuh SDM handal yang kreatif membangun pariwisata,” kata Arief Yahya. (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya