Gunung Agung Bersiap Muntahkan Lava Pijar

Gunung Agung meletus.
Sumber :
  • Bobby Andalan (Bali)

VIVA – Pusat Vulkonologi dan Mitigasi Bencana Geologi memprediksi, tak lama lagi lava pijar bakal meleleh turun dari puncak kawah Gunung Agung. Sebab, material cair dari perut gunung itu sudah mulai memenuhi lantai kawah.

Lereng Gunung Agung Kebakaran

"Lava masih memenuhi lantai. Kalau sudah penuh, dia akan meleleh ke bawah. Saat ini, lava masih keluar terus," kata Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG, I Gede Suantika di Pos Pengamatan Gunung Api Agung di Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Minggu 26 November 2017.

Menurut Gede Suantika, lava pijar sudah keluar dari perut gunung sejak pukul 21.00 WITA, Sabtu malam, 25 November 2017. Aktivitas keluarnya lava pijar ditandai dengan kemunculan cahaya berwarna merah ketika terjadi letusan pada pukul 23.00 WITA.

Gunung Agung Sempat Erupsi, Lontaran Material Pijar hingga 700 Meter

Hingga saat ini, lava pijar diprediksi terus bergerak naik ke kawah letusan. Meski tak bisa terlihat secara kasat mata, karena Gunung Agung sedang tertutup kabut, tetapi, semburan asap berwarna abu-abu kehitaman merupakan tanda lava pijar sedang aktif bergerak.

"Itu cirinya, abu dan asap kelabu-kehitaman masih mengepul ke luar tinggi,"kata Gede Suantika.

Gunung Agung Meletus Muntahkan Abu Vulkanik Sejauh 2 Km

Seperti diketahui, Gunung Agung meletus pada saat status aktivitas vulkanik belum lama diturunkan dari level IV atau awas ke level III, atau siaga. Hingga saat ini, PVMBG belum meningkatkan lagi status aktivitas meski erupsi telah terjadi. 

Baca: Ternyata Cahaya Merah di Puncak Gunung Agung Lava Pijar

Gunung Agung

Gunung Agung Kembali Kebakaran, Pura dan Prasasti Hangus Dilalap Api

Kebakaran sejak siang tadi dan terus membesar hingga malam ini.

img_title
VIVA.co.id
4 Oktober 2019