Ada Bibit Badai, Pulau Jawa Akan Diterjang Angin Kencang

Dua bibit badai tropis yang terekam dengan pencitraan satelit Himawari.
Sumber :
  • Repro pencitraan Satelit Himawari.

VIVA – Masyarakat di Pulau Jawa, khususnya di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah, diimbau untuk waspada. Karena, diprediksi besok, Senin 27 November 2017, wilayah ini bakal diterjang angin kencang. Kecepatan angin diperkirakan mencapai 20 knot.

Video Detik-detik Muazin Mengubah Lafaz Azan saat Hujan Badai di Dubai, Serukan Sholat di Rumah

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), angin kencang ini merupakan dampak ada pertumbuhan dua badai tropis di wilayah.

BMKG dalam siaran resminya menyebutkan, berdasarkan pengamatan TCWC (Tropical Cyclone Warning Centre) Jakarta pada Minggu 26 November 2017, bibit badai tropis itu berada di 95S di selatan Jawa Tengah.

BMKG Peringatkan Masyarakat Waspadai Hujan Badai di 27 Provinsi

Dengan pusat sekitar 9,6LS, 109,4BT (sekitar 240 kilometer sebelah selatan barat daya Cilacap) bergerak ke arah utara barat laut, kemudian akan berbelok ke timur keesokan harinya. 

Kecepatan angin maksimum sekitar  25 knot (45 km/jam) dengan tekanan terendah 1003 mb. Dalam waktu yang bersamaan, terdapat juga bibit badai tropis 96S di Samudera Hindia sebelah barat daya Bengkulu di 6,8LS, 94,2BT yang bergerak ke arah timur tenggara. 

Bandara Dubai Banjir Hebat, Peristiwa Cuaca Bersejarah yang Mengguncang UEA

Bibit badai yang berada di selatan Jawa lebih memiliki potensi untuk tumbuh menjadi badai tropis. Bibit ini memberikan pengaruh terhadap cuaca di wilayah Indonesia khususnya Jawa. 

Selain memicu terjadinya angin kencang, aktivitas badai tropis juga akan menyebabkan gelombang tinggi. Ketinggian gelombang diprediksi mencapai 1,25 meter hingga 2,5 meter. Gelombang tinggi akan terjadi di perairan selatan Banten dan Jawa Barat, perairan selatan Jawa Timur, perairan selatan Bali, perairan selatan Lombok, perairan selatan Sumbawa. 

Badai tropis juga memicu terjadinya gelombang yang tingginya bisa mencapai 2,5 meter hingga empat meter di Samudera Hindia selatan Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

Masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan,  pohon tumbang, dan jalan licin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya