Kerja Sama RI-RRT di Bidang Sains, Teknologi, & Inovasi

Kerjasama Indonesia-Tiongkok di bidang Sains, Teknologi, dan Inovasi
Sumber :
  • www.kemenkopmk.go.id

VIVA – Rencana aksi kerja sama Indonesia-Tiongkok di bidang sains, teknologi, dan inovasi (STI) hari ini resmi diluncurkan. Peluncuran disaksikan langsung oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, Mohamad Nasir bersama Wakil Perdana Menteri RRT, Liu Yandong serta Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Kemenko PMK RI, Agus Sartono, dalam forum kerjasama bidang Sains, Teknologi, dan Inovasi Indonesia- Tiongkok yang diselenggarakan di Gedung Kemristekdikti, Jakarta, Senin (27/11) pagi. Rencana aksi kerja sama bidang STI yang akan dijalankan selama tiga tahun (2018-2020) itu ditandatangani oleh Menteri Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi Republik Indonesia, Mohamad Nasir dan Menteri Ilmu Pengetahuan dan Teknologi RRT, Wang Zhigang. 

Kemenko PMK Usul 5 Provinsi Baru Masuk Prioritas Penanganan Stunting

Agus Sartono yang pada kesempatan ini mewakili Menko PMK Puan Maharani mengatakan, bahwa era globalisasi saat ini, negara yang didukung oleh kemajuan sains, teknologi, dan inovasi, akan memiliki kekuatan perekonomian nasional yang berdaya saing tinggi. Oleh karena itu, pengembangan sumber daya manusia, merupakan langkah strategis yang diperlukan guna memberikan kemajuan sains, teknologi dan inovasi pada sebuah negara. "Indonesia mengundang mitra internasional, termasuk RRT sebagai mitra strategis dalam bekerja sama untuk meningkatkan kapasitas sains, teknologi, dan inovasi,” jelasnya. 

Menurutnya, melalui forum kerjasama bidang STI Indonesia dan Tiongkok ini, para ilmuwan Indonesia dan Tiongkok harus dapat meningkatkan kerja sama di masa depan, mengingat kedua negara diuntungkan dengan pesatnya pertumbuhan populasi muda di negara masing-masing. Untuk itu, diharapkan forum ini dapat dilaksanakan dua tahun sekali sebagai sarana untuk menampilkan kemajuan dan keberhasilan yang dicapai dari kerja sama bilateral.

Pemerintah Segera Buka Lumbung Pangan Atasi Kelaparan di Papua Tengah, Dijaga Tentara

Agus juga menilai bahwa kerja sama Indonesia-Tiongkok merupakan suatu kolaborasi strategis. Kolaborasi ini tentunya dapat diprioritaskan pada penggunaan sains dan teknologi terapan di bidang pertanian, perikanan, industri pengolahan, energi, teknologi informasi dan komunikasi, dan lain sebagainya. "Kerja sama Indonesia-Tiongkok, diharapkan dapat memberikan nilai tambah pada ke 2 (dua) Negara, dalam bidang sains, teknologi, dan inovasi," ujarnya. Beberapa contoh kerja sama Indonesia-Tiongkok dalam bidang sains, teknologi, dan inovasi yang telah dan sedang dilakukan saat ini, diantaranya adalah (i) laboratorium bersama bio-teknologi, (ii) laboratorium bersama Reaktor Gas Temperatur Tinggi, dan (iii) pusat transfer teknologi Indonesia-Tiongkok.

Wakil Perdana Menteri RRT, Liu Yandong pun menyatakan sepenuhnya mendukung inisiatif baru yang akan dilakukan, yaitu (i) Science Techno Park, (ii) Pengembangan Konstruksi Pelabuhan, serta (iii) Laboratorium Bersama untuk Pencegahan dan Mitigasi Bencana. "Saya sangat mengapresiasi atas Rencana Aksi 2018-2020 tentang Kerja Sama Sains, Teknologi dan Inovasi antara Indonesia dan Tiongkok ini," katanya. Wakil Perdana Menteri RRT, Liu Yandong pun turut mengharapkan kerja sama di bidang STI ini akan bermanfaat bagi kedua negara dan juga dunia. 

Zonasi PPDB Bakal Dievaluasi, Kemenko PMK: Seleksi Umur Paling Aman

Sementara itu, Menristekdikti Mohamad Nasir meyakini bahwa dengan memperkuat kolaborasi dalam bidang Iptekin dan Dikti antara Indonesia dan Tiongkok, sebagai Negara dengan jumlah penduduk terbesar pertama dan ke empat di dunia, kedua Negara akan dapat menjadi pioneer dalam pengembangan iptek dan inovasi dunia. "Saya meyakini kontribusi kerjasama IPTEKIN Indonesia dan Tiongkok ini akan membawa manfaat bagi peningkatan pembangunan maupun kehidupan kualitas masyarakat tidak hanya bagi kedua Negara, tetapi juga untuk dunia," jelas Menristekdikti. 

Acara dilanjutkan dengan pelaksanaan forum kerja sama bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi Indonesia Tiongkok pada tingkat eselon I. Forum yang akan berlangsung selama dua sesi ini menghadirkan beberapa narasumber ahli di bidangnya masing-masing yang terkait ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi. Hadir pada acara ini Menteri dan anggota Delegasi RRT; Kepala LPNK, beberapa Rektor Perguruan Tinggi, Kepala Science Techno Parks (STP), Kepala Pusat Unggulan Iptek (PUI) serta lembaga riset dan pendanaan riset. (webtorial)

Kideco memperoleh 10 penghargaan di ajang ICA 2023

Kemenko PMK: Perusahaan Wajib Sejahterakan Masyarakat, Jangan Hanya Ambil Untung

Staf Khusus Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Ravik Karsidi menegaskan perusahaan tidak boleh hanya mengambil untung.

img_title
VIVA.co.id
5 Desember 2023