Gunung Agung Akan Meletus Besar, Warga Diminta Menjauh

Kondisi Gunung Agung, Selasa, 28 November 2017
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bobby Andalan (Bali)

VIVA – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan, letusan besar akan segera terjadi di Gunung Agung, Bali. 

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG, I Gede Suantika menjelaskan, letusan eksplosif bisa terjadi hanya dalam hitungan jam.

Suantika meminta, warga segera menjauh dari lokasi pengamatan, di Pos Pengamatan Gunung Api Agung di Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali. 

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

Mendapat imbauan itu, sontak warga yang tengah menyaksikan aktivitas gunung setinggi 3.142 mdpl tersebut lari berhamburan.

Pada saat yang sama, Suantika juga mengimbau kepada sejumlah jurnalis untuk meninggalkan pos pengamatan. "Ya, saya imbau segera turun menjauh, termasuk warga juga rekan-rekan wartawan. Kami sudah mengimbau rekan-rekan di sini. Kalau ada yang mau bertahan silakan, risiko tidak ditanggung oleh kami," kata Suantika, Selasa, 28 November 2017.

Daki Gunung Agung Bali Akhir Tahun, Hasto Doakan Megawati dan Jokowi

Suantika menjelaskan, jika volume awan panas yang bakal menyertai letusan besar belum bisa dihitung. "Sebetulnya bisa dihitung tapi kami belum lakukan karena membutuhkan pengamatan yang banyak. Tapi ada rumus menghitungnya," ujarnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan erupsi tahun 1963 awan panas akan meluncur ke arah utara, tenggara dan barat daya. "Yang terjauh terpantau 14 kilometer," katanya. (mus)

Sesosok mayat ditemukan di Puncak Gunung Agung Bali

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

Sosok mayat ditemukan di puncak Gunung Agung pada Selasa, 12 Maret 2024. siang. Saat ditemukan posisi mayat berada di ketinggian 2833 Mdpl di Puncak Gunung Agung Bali

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024