Erupsi Gunung Agung, Batu Panas Terlontar

Letusan Gunung Agung beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Fikri Yusuf

VIVA – Gunung Agung melontarkan batuan panas dengan suhu 500 derajat celsius. Batu yang terekam lebih besar dari kepalan tangan manusia itu jatuh di Desa Dukuh, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali.

Gunung Agung Erupsi Minggu Malam, Muntahkan Lava Pijar 3 Km

Meski telah melontarkan batu yang jatuh di zona empat kilometer dari puncak kawah Gunung Agung, hal itu belum merupakan puncak dari aktivitas gunung setinggi 3.142 meter di atas permukaan laut tersebut.

"Ini belum puncaknya. Fenomena yang kami lihat dari tremor over scale ini adalah lontaran batu. Tapi, ini belum puncaknya (aktivitas Gunung Agung)," tutur Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), I Gede Suantika, di Pos Pengamatan Gunung Api Agung di Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Selasa 28 November 2017.

Gunung Agung Kembali Erupsi, Abu Vulkanik Terlontar Setinggi 2 Km

Soal lontaran batu yang terlontar ke Desa Dukuh, menurutnya, lantaran daerahnya lebih rendah dari dinding kawah. "Bisa juga ke arah lain lebih besar lagi," ujarnya.

Usai over scale, saat ini kepulan abu setinggi 4.000 meter masih membubung tinggi. "Kalau over scale lagi kemungkinan akan ada lontaran batu lagi," paparnya.

PVMBG: Asap Kawah Gunung Agung Bali Bertekanan Lemah

Sementara itu, Suantika menyebut luberan lava pun belum terjadi di puncak kawah Gunung Agung. "Mudah-mudahan tidak ada lagi yang dilontarkan," tutur Suantika.

Gunung Agung erupsi

Gunung Agung Erupsi, Lontaran Batu hingga 3 Km

Terdengar suara gemuruh sedang-kuat.

img_title
VIVA.co.id
24 Mei 2019