JK Sentil Fenomena 'Obral' Izin Tambang Jelang Pilkada

Ilustrasi/Aktivitas pekerja tambang batubara di Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla menyentil kebiasaan merebaknya penerbitan izin tambang oleh kepala daerah menjelang pelaksanaan Pilkada.

PDIP Buka Pendaftaran Cagub Jakarta 8-20 Mei 2024

Menurut JK, umumnya fenomena penerbitan izin pertambangan baru itu kerap digunakan untuk kompensasi kepada para pengusaha agar memberikan dukungan kepada kepala daerah saat proses pemilihan.

"Mau Pilkada, biasanya izin-izin tambang bertebaran. Kadang-kadang juga double. Itu menimbulkan masalah," ujar JK saat membuka Rapat Koordinasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tingkat Nasional di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis, 30 November 2017.

Buka Musrenbangnas 2024, Jokowi Ingatkan Pemerintah Daerah Harus Seirama dengan Pusat

Atas itu, JK mengingatkan agar aparat pemerintah yang bergerak di bidang pengawasan seperti BPKP, KPK, BPK, hingga Polri, untuk mengawasi agar penyelewengan bermotif politik serupa tidak terjadi lagi menjelang Pilkada 2018.

"Melalui kerja sama ini, dapat lebih diberikan suatu pendidikan tentang sistem pengawasan yang baik, sehingga tidak terjadi lagi hal-hal itu," ujar JK.

KPU Prediksi Jumlah Calon Kepala Daerah dari Perseorangan Menurun

Tahun lalu, KPK pernah merilis dari 11 ribu izin tambang yang ada di Indonesia. Ternyata sebanyak 4.000 izinnya bermasalah.

Dicurigai, perizinan itu lekat dengan aroma korupsi yang melibatkan kepala daerah sebagai pemangku. "Jangan-jangan semua main mata, jangan-jangan ada suapnya, mulai dari pemberian izin dan proses produksinya dilaporkan hanya sedikit," kata Koordinator SDA Direktorat Litbang KPK Dian Patria, Selasa, 30 Agustus 2016.

Mentri Sosial Tri Rismaharini datangi pemukiman suku anak dalam Jambi dan jadi guru.

Sri Mulyani, Andika Perkasa, dan Risma Masuk Bursa Cagub PDIP DKI

Sejumlah nama menjadi incaran PDIP untuk maju dalam kontestasi Pilkada 2024, Sri Mulyani, Tri Rismaharini, Andika Perkasa, dan masuk dalam radar PDIP.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024