Jembatan Roboh, Jalur Alternatif Pantai Parangtritis Ditutup

Jalur akses alternatif ke obyek wisata parangtritis ditutup.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Daru Waskita

VIVA – Jalur alternatif menuju obyek wisata Pantai Depok dan Parangtritis yang melalui jalan Imogiri Timur maupun dari Panggang Gunungkidul ditutup. Penutupan jalan tersebut karena pondasi jembatan sungai yang berada di Dusun Pentung, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul Yogyakarta runtuh.

7 Mahasiswa Terseret Ombak Parangtritis: 1 Tewas, Satu Masih Hilang

Hujan yang turun dengan lebat selama dua hari membuat pondasi jembatan runtuh.

Wisatawan maupun warga yang melewati jalan tersebut dengan mobil pribadi atau sepeda motor dialihkan lewat jalan kampung yang harus memutar cukup jauh hingga sampai ke Jalan Parangtritis.

Takut Tsunami, Pantai Parangtritis Mendadak Sepi Pengunjung

"Penutupan jalan ini demi keselamatan pengguna jalan sendiri karena jika muatan berat pasti jembatan amblas dan korbannya pengguna jalan tersebut," kata Kepala Desa Seloharjo, Marhadi Badrun kepada VIVA, Kamis 30 November 2017.

Namun, wisatawan yang menggunakan mikro bus atau besar jelas tidak melewati jalan alternatif melalui jalur jalan yang sudah disiapkan. "Warga khawatir jika truk muatan berat lewat jalan kampung akan merusak jalan yang ada," ujarnya.

Sehari Tenggelam di Parangtritis, Jasad Mansyur Utuh

Jalur akses alternatif ke obyek wisata parangtritis ditutup.Foto: Akses menuju Parangtritis ditutup karena jembatan penghubung roboh. VIVA/Daru Waskita

Jembatan yang runtuh pondasinya sudah dilaporkan ke pemerintah Kecamatan Pundong untuk segera dilakukan karena jalan tersebut merupakan jalan utama bagi warga.

"Tapi saya tak optimis akan segera dibangun mengingat jalan tersebut jalan provinsi yang butuh birokrasi panjang," ucapnya.

Sementa akses jalan dari Bantul menuju Gunungkidul melalui jalan Imogiri Timur menuju Panggang yang sempat ditutup karena rusak parah dan dipenuhi tanah yang dibawa saat banjir kini sudah dibuka kembali.

"Warga dibantu memperbaiki jalan dan membersihkan lumpur dari jalan sehingga jalan sudah normal kembali," ucap Joko warga Dusun Dogongan Desa Srimulyo Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya