Objek-objek Wisata yang Tutup Akibat Banjir dan Longsor

Banjir dan tanah longsor sebabkan sejumlah objek wisata ditutup.
Sumber :
  • VIVA/Daru Waskita

VIVA – Bencana banjir dan tanah longsor sebagai dampak siklon tropis Cempaka tak hanya menyebabkan ribuan rumah terendam banjir dan sejumlah rumah hancur akibat terjangan tanah longsor. Namun juga berdampak pada ditutupnya sejumlah obyek wisata, seperti di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

Harry Sukmono, Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul mengatakan, sejumlah objek wisata yang dimaksud seperti; Gua Pindul, Gua Jomblang, Air Terjun Sri Gethuk, Kali Suci, dan Gua Ngingrong. "Kami akan memperbaiki terlebih dahulu, karena situasi tak memungkinkan untuk buka," katanya, Kamis, 30 November 2017.

Batas waktu penutupan sementara itu juga belum diketahui sampai kapan, karena diakuinya bergantung pada situasi alam. Apabila kondisi alam tidak memungkinkan dan terjadi cuaca buruk, maka objek tersebut tidak dapat dikunjungi. Ini penting demi menjamin keselamatan wisatawan. "Kalau alam tak bersahabat, kami utamakan keselamatan wisatawan," ucapnya.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

Kondisi di masing-masing lokasi wisata tersebut dinilai masih membahayakan bagi para wisatawan. Seperti di Gua Jomblang yang saat ini terisi penuh oleh air. Begitu juga dengan Gua Pindul, Kali Suci, Air Terjun Sri Gethuk, dan Gua Ngingrong yang masih memiliki volume air yang cukup tinggi.

Namun demikian untuk sejumlah objek wisata pantai, kata dia, masih dapat dikunjungi karena tidak terlalu banyak terdampak bencana. "Hanya saja memang akses untuk menuju pantai sebagian masih harus diwaspadai. Seperti untuk ke Pantai Wediombo, Kecamatan Girisubo, aksesnya masih tertutup material longsor,” ucapnya.

Kawasan ASEAN Dilanda 36 Bencana Minggu Lalu, Indonesia dan Malaysia Paling Terdampak
Ilustrasi longsor

Viral Detik-detik Pria Selamat dari Timbunan Tanah Longsor, Telat Sedikit Nyawa Tak Tertolong

Tanah longsor yang terjadi tersebut kemudian terlihat merobohkan lereng, menghancurkan segala sesuatu yang dilaluinya termasuk pepohonan hingga ruas jalan yang baru saja

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024