Lima Dermaga Pelabuhan Merak Kembali Dibuka

Gelombang tinggi di Pelabuhan Merak, Banten
Sumber :
  • Yandi Deslatama (Banten)

VIVA – Pelabuhan Merak kembali mengoperasikan lima dermaga dengan 23 kapal Roll On-Roll Off (Ro-Ro), setelah ditutup pada Kamis, 30 November 2017 kemarin.

ASDP Indonesia Ferry Beberkan Penyebab Macet di Pelabuhan Merak

"Tadi malam sudah mulai dapat dioperasikan beberapa kapal. Kami pertama mengoperasikan KMP Virgo, dengan enam kapal," kata General Manager PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Merak, Fahmi Alweni, saat ditemui di kantornya, Jumat 1 Desember 2017.

Meski kecepatan angin mencapai 25 knot dan ketinggian gelombang masih 1,5 meter, Fahmi mengaku kondisi tersebut masih aman untuk dilalui.

Tercatat 530.400 Orang dan 125.234 Kendaraan Tinggalkan Jawa Menuju Sumatera

"Tidak dipaksakan, karena KSOP (Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan) yang memberikan kewenangan berlayar. Berdasarkan koordinasi dengan semua pihak," ujarnya.

Pembukaan dermaga Pelabuhan Merak dilakukan secara bertahap. Pada pukul 06.00 WIB dermaga II kembali dibuka dengan pengoperasian enam kapal.

Kehabisan Tiket di Pelabuhan Merak, Kini Pemudik Bisa Beli Manual

Lalu pada pukul 07.15 WIB, kembali dibuka dermaga I. Disusul dermaga III, dermaga IV dan dermaga V pada pukul 09.30 WIB.

"kondisi cuaca lebih bersahabat. Namun, kondisi di dermaga padat mengalir. Kendaraan yang tertunda (keberangkatan) bisa selesai malam ini," tuturnya.

Berdasarkan pantauan VIVA di Pelabuhan Merak, masih terlihat ombak yang tinggi dan angin kencang terus berembus. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya