Dari Solo, Ribuan Orang ke Jakarta Ikut Aksi Reuni 212

Ribuan peserta reuni 212 berangkat dari Solo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

VIVA – Ribuan orang berangkat dari Solo menuju Jakarta untuk ikut aksi reuni 212 yang digelar pada Sabtu, 2 Desember 2017. Massa yang akan ikut serta aksi 212 ini berasal dari berbagai elemen yang tergabung dalam Dewan Kota Surakarta.

Panitia Klaim Tak Ada Orasi Politik di Reuni 212: Fokus Munajat dan Salawat

Pantauan VIVA, para peserta ini tampak berkumpul di kawasan SPBU Jongke, Pajang, Solo. Setelah semua peserta kumpul, selanjutnya masuk ke bus sesuai dengan rombongannya masing-masing.

Sekjen Laskar Umat Islam Surakarta, Yusuf Suparno, mengatakan jumlah peserta yang ikut dalam Reuni 212 di Jakarta mencapai ribuan orang. Mereka tidak hanya dari Solo, tetapi dari berbagai daerah di sekitar Kota Surakarta.

Panitia Reuni 212 Tak Undang Anies Baswedan, Habib Rizieq Masih Pikir-pikir

“Kalau dari Solo sekitar 23 bus, namun kalu jumlah semua peserta dari Solo raya sekitar 50 bus. Total peserta yang berangkat dari Solo sekitar 2.500 orang,” kata Yusuf di Solo, Jumat 1 Desember 2017.

Rencananya, rombongan peserta dari Solo akan tiba di Jakarta pada Sabtu dini hari. Selanjutnya, mereka akan transit dan istirahat sebentar di Masjid Said Naum yang lokasinya tak jauh dari pusat aksi di Monas.

Dikritik PBNU soal Politik Identitas, PA 212: NU Kemana-mana Bawa Gus Dur

“Jarak masjid dengan Monas sekitar 3 kilometer. Nantinya para peserta aksi akan mengikuti doa dan zikir bersama setelah itu berjalan ke Monas,” ujarnya.

Dia menekankan kedatangan rombongan peserta aksi dari Solo atas undangan dari panitia Presidium Reuni 212. “Jadi kedatangan kami ke Jakarta atas undangan dan permintaan panitia untuk ikut bergabung dalam aksi itu,” jelasnya. (ren)

Habib Rizieq Shihab saat tiba di Petamburan, Jakarta.

Habib Rizieq Sempat Khawatir Hadir ke Reuni 212: Takut Ditangkap Lagi

Habib Rizieq Shihab mengaku sempat khawatir pembebasan bersyarat yang ia tengah jalani saat ini dicabut jika datang ke Reuni 212 di Masjid At Tin, TMII Jakarta Timur.

img_title
VIVA.co.id
2 Desember 2022