Hanura Resmi Dukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim

Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak menerima surat keputusan dukungan Pilgub Jatim dari pengurus Partai Hanura di Hotel Whyndam Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu, 3 Desember 2017.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Partai Hanura resmi mendukung pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Rekomendasi dukungan dari pimpinan pusat Hanura diserahkan kepada Khofifah-Emil dalam acara Konsolidasi Kekuatan Hanura se-Jatim di Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu 3 Desember 2017. 

Gerindra Tak Masalah PDIP Gabung Usung Khofifah di Pilgub Jatim, Ada Tapinya

Khofifah hadir dengan mengenakan batik dan jilbab warna oranye. Bersama Menteri Sosial itu, hadir pula pasangannya, bakal calon wakil gubernur Emil Dardak dan Ketua Tim Sembilan, Salahuddin Wahid alias Gus Solah. Dia disambut Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang, Ketua Partai Hanura Jatim, Kelana Apriliyanto.

Kehadiran Khofifah-Emil disambut hangat seluruh kader Hanura yang hadir. Sorak dan tepuk tangan terdengar keras serentak di Ballroom Whyndam kala nama Khofifah-Emil disebut dari atas panggung, lebih-lebih ketika surat keputusan diserahkan. "Siap mendukung Ibu Khofifah-Emil Dardak?" kata Ketua Hanura Jatim, Kelana Apriliyanto, dan dijawab semua yang hadir 'siap'. 

Tepis Isu Cak Imin Maju di Pilgub Jatim, Elite PKB Sebut Ada Tempat yang Lebih Mulia

Khofifah meyakini Hanura bakal sepenuhnya menggerakkan mesin partai dalam dukungan Pilgub Jatim kepadanya. Dia menilai ada politik kebangsaan tegak lurus di tubuh Hanura sehingga keputusan pimpinan partai akan dilakukan oleh seluruh kader partai. "Saya melihat Pak Kelana berada dalam posisi sebagai negarawan," ujarnya.

Emil Dardak menyampaikan terima kasih kepada Hanura. Menurutnya, ini adalah dukungan kedua kali dari partai oranye atasnya. Sebelum Pilgub Jatim, Emil mengaku Hanura mendukungnya saat mengantarkannya sebagai Bupati Trenggalek pada Pilkada serentak 2015 lalu. "Mari berjuang bersama kembali," ujar suami Arumi Bachsin itu.

Masih Digodok, PKB Ogah Bocorkan Kandidat yang Bakal Diusung di Pilgub Jatim

Hanura adalah partai ketiga yang resmi menyerahkan rekomendasi dukungan Pilgub Jatim kepada Khofifah-Emil. Sebelumnya, Demokrat dan Golkar telah menyerahkan SK serupa. Nasdem dan PPP disebut mencari waktu tepat untuk memberikan dukungan serupa secara resmi.

Pesaing Khofifah-Emil dalam Pilgub Jatim ialah Saifullah Yusuf alias Gus Ipul-Abdullah Azwar Anas, yang resmi didukung PKB-PDIP. Tiga partai yang belum menentukan sikap, Gerindra, PAN dan PKS tengah menggodok nama untuk poros baru, atau bisa pula mendukung antara Khofifah atau Gus Ipul. (mus)

Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Airlangga Tugaskan RK Maju Pilkada Jakarta, Bobby di Sumut dan Khofifah Jatim

Nama Ridwan Kamil alias RK jadi calon kuat yang akan digadang-gadang sebagai bakal cagub Golkar untuk Pilkada Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024