Badai Dahlia Berlalu, Pelabuhan Merak Beroperasi Normal

Gelombang tinggi di Pelabuhan Merak, Banten
Sumber :
  • Yandi Deslatama (Banten)

VIVA – Setelah sempat ditutup total dengan risiko serangan badai siklon Dahlia, kini pelabuhan Merak telah beroperasi normal dengan mengaktifkan lima dermaganya.

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

"Cuaca normal, lima dermaga dioperasikan. Juga kapal 24 yang dioperasikan dan untuk kendaraan normal," kata Ado, Humas PT ASDP Ferry Indonesia cabang Merak saat dikonfirmasi, Minggu, 3 Desember 2017.

Ado menjelaskan kalau kini kondisi telah aman untuk berlayar. Jika sewaktu-waktu terjadi cuaca ekstrem di selat Sunda yang mengganggu pelayaran, maka otoritas pelabuhan Merak akan cepat bertindak demi keamanan bersama.

Bus dan Truk Padati Pelabuhan Bakauheni, Melonjak dibandingkan Sehari Sebelumnya

"Gelombang 1 sampai 1,5 meter, kecepatan angin 10 sampai 12 knot," jelasnya.

Sementara itu, untuk lalu lintas di jalan tol Tangerang-Merak hanya mengalami kenaikan 0,53 persen jika dibandingkan libur Maulid Nabi tahun 2016 lalu.

Menhub Siapkan Opsi Lima Kapal TBB Hadapi Lonjakan Arus Balik di Bakauheni

Jika dibandingkan rata-rata harian lalu lintas bulan November 2017 yang sebanyak 132.849 kendaraan, maka pada akhir libur panjang Maulid Nabi kali ini hanya meningkat sebesar 0,73 persen atau berjumlah 133.812 kendaraan.

"Ini terjadi karena cuaca akhir-akhir ini cenderung hujan merata di seluruh wilayah sehingga saat ini lalin liburan berkurang terutama yang menuju daerah wisata pantai," kata Indah Permanasari, Kepala Divisi Hukum dan Humas PT Marga Mandala Sakti (MMS) selaku operator jalan tol Tangerang-Merak.

Sebelumnya diberitakan bahwa akibat serangan badai siklon Dahlia, Pelabuhan Merak ditutup total pada Kamis, 30 November 2017 pukul 17.45 WIB. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya