Alasan Jokowi Ajukan Hadi Tjahjanto Jadi Calon Panglima TNI

Hadi Tjahjanto & Gatot Nurmantyo
Sumber :
  • ANTARA Foto/Puspa Perwitasari

VIVA – Presiden Joko Widodo resmi mengajukan nama Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai calon tunggal Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo. Saat ini Hadi menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Udara.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Pergantian ini dikarenakan masa tugaa Gatot yang sebentar lagi akan berakhir. "Pertimbangan pergantian adalah sebentar lagi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memasuki masa pensiun pada tanggal 1 April 2018," kata Juru Bicara Presiden, Johan Budi Sapto Pribowo, saat dihubungi, Senin 4 Desember 2017.

Dalam surat yang dibawa Mensesneg Pratikno ke DPR, pagi ini, hanya Marsekal Hadi Tjahjanto yang diajukan Jokowi sebagai pengganti Jenderal Gatot. Johan mengatakan, penunjukan Hadi sudah tepat. Sesuai dengan aturan yang digariskan oleh undang-undang yang berlaku.

Mengenal 2 Sosok Jenderal TNI Bintang 4 yang Masih Aktif Betugas

"Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dianggap mampu dan cakap serta memenuhi syarat menjadi Panglima TNI sesuai dengan UU No. 34 tahun 2004 tentang TNI," kata Johan.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengaku sudah menerima surat pergajuan calon Panglima TNI dari Presiden Joko Widodo kepada DPR RI. Dalam suratnya, Presiden Jokowi mengajukan nama Kepala Staf TNI AU Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon tunggal pengganti Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

18 Jenderal Bintang 2 Dimutasi Panglima TNI di Akhir Maret 2024

Fadli menekankan pergantian Jenderal Gatot karena faktor akan memasuki pensiun. Gatot akan pensiun pada Maret 2018. "Kelihatannya alasannya karena memang persiapan untuk masa pensiun Pak Gatot," kata Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin 4 Desember 2017.

Marsekal Hadi Tjahjanto bukanlah orang baru di Istana. Pria kelahiran Malang, Jawa Timur, itu sempat menjadi Sekretaris Militer (Sesmil) Presiden Jokowi. Ia diangkat pada Juli 2015.

Pada November 2016, Hadi dipercaya menjadi Irjen Kementerian Pertahanan. Sebelum akhirnya diangkat menjadi KSAU hingga saat ini. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya