Markas Polisi di Solok Ambrol Disapu Longsor

Bencana longsor yang menimpa Markas Polres Arosuka Kabupaten Solok Sumatera Barat, Senin (4/12/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah

VIVA – Dua bangunan milik Polres Arosuka Kabupaten Solok Sumatera Barat ambrol diterjang bencana longsor, Senin 4 Desember 2017.

5 Ramalan Jayabaya yang Terjadi di Tahun 2024, dari Bencana Alam hingga Situasi Politik

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun bersama kejadian itu jalan sepanjang 40 meter ikut ambles terdampak longsor.

Tim reaksi cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Tengku Reynol menyebutkan bencana itu ditengarai oleh tingginya curah hujan di kawasan itu.

Bukan Hanya Terbelah, Raja Jayabaya Juga Ramal Pulau Jawa Bakal Tenggelam

"Kami masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan mendata kerusakan termasuk kerugian yang timbul akibat peristiwa ini," kata Reynol.

Tabel sejumlah bencana alam yang menimpa wilayah Indonesia selama 2017

Terungkap Deretan Bayangan Masa Depan Indonesia dalam Ramalan Jayabaya

FOTO: Infografis daftar bencana alam yang terjadi di Indonesia sepanjang 2017. Laporan ini dibuat oleh BNPB.

Mapolres Arosuka diketahui, memang berada di lereng bukit. Kawasan ini memang kerap terjadi pergerakan tanah akibat lemahnya kontur tanah ketika musim penghujan tiba.

Sejak beberapa waktu ini, sejumlah kejadian bencana alam menimpa sejumlah wilayah Indonesia. Laporan dari BNPB, sepanjang 2017, untuk bencana banjir terjadi sebanyak 645 kejadian, lalu puting beliung 553 kejadian, tanah longsor 506, kebakaran hutan, dan lahan 96 kejadian.

Selanjutnya, banjir dan tanah longsor 61 kali, kekeringan 19 kejadian, gempa bumi 16 kali, dan gelombang pasang atau abrasi tujuh kali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya