Wapres JK Kagumi Aksi Perenang Indah Indonesia

Wapres Jusuf Kalla membuka Indonesia Open Aquatic Championship 2017
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla kagum dengan aksi yang ditampilkan perenang Indah Indonesia saat pembukaan kejuaraan Indonesia Open Aquatic Championship 2017, Selasa 5 Desember 2017.

JK Sebut Penundaan Pemilu Langgar Konstitusi

Selain menampilkan berbagai atraksi, perenang juga mengibarkan bendera merah putih di kolam area kolam sambil berenang. Tidak hanya perenang senior, perenang anak-anak juga ikut menampilkan atraksi renang yang terlihat seperti menari-nari di air.

"Yang paling indah tadi renang artistik," kata JK di arena Aquatic Senayan Jakarta.

Kata Jusuf Kalla Soal Kabar Cak Imin-Anies Masuk Bursa Pilpres 2024

Menurut JK, semua cabang olahraga di Aquatic menjadi prioritas di Asian Games 2018. Dia berharap cabang ini bisa menghasilkan medali bagi Indonesia.

"Kita optimis dengan venue yang begitu baik, kedua latihan-latihan dengan pelatih dari banyak negara, dengan intensitas yang baik, kita yakin bahwa cabang akuatik ini ada hasil yang baik," ujarnya.

Saat Jusuf Kalla Cerita ke Gus Miftah Tentang Kisah Inspiratifnya

Ketua Umum Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI), Anindya Bakrie, mengatakan kejuaraan ini menjadi test event bagi panitia pelaksana empat cabang olahraga aquatik, yakni renang, polo air, loncat indah dan senam artistik, serta satu cabang masters swimming, menyongsong penyelenggaraan Asian Games.

"Kejuaraan diikuti dari mulai kelompok umut sampai senior. Semoga event ini bisa menjadi momentum yang bermakna bagi kejayaan aquatic Indonesia," kata Anindya.

Seleksi Awal

Untuk timnas, kata dia, kejuaraan ini menjadi awal seleksi pembentukan tim pelatnas Asian Games 2018. Event ini mempertandingkan lima cabang olahraga dan diikuti para atlet renang terbaik Indonesia.

Menurut Anindya, cabang renang akan dipertandingkan pada 10 sampai 15 Desember 2017 dengan jumlah peserta terbanyak 1.500 atlet dari Indonesia, Korea dan Singapura. Sementara cabang loncat indah akan dilaksanakan pada 5 sampai 9 Desember 2017 yang diikuti 100 atlet dari Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina, Thailand dan India.

Kemudian renang indah atau renang artistik, akan dipertandingkan pada 6 sampai 8 Desember 2017 dan diikuti 100 atlet dari seluruh Indonesia. Lalu ada juga polo air yang dipertandingkan pada 10 sampai 15 Desember. Rencananya pertandingan akan diikuti sebanyak 150 atlet putra dan putri.

Terakhir, lanjut Anindya, kejuaraan yang tak kalah seru dalam event ini yaitu master swimming. Sebanyak 500 perenang senior berusia 30 tahun ke atas akan berpartisipasi di event ini.

"Mereka berasal dari beragam latar belakang, mulai dari mantan perenang, klub-klub master, komunitas olahraga dan masyarakat pecinta renang," kata dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya