MUI Apresiasi BNN Bongkar Pabrik Pil PCC

Jaringan Pil PCC
Sumber :
  • ANTARA Foto/Adeng Bustomi

VIVA – Majelis Ulama Indonesia mengapresiasi Badan Narkotika Nasional yang telah berhasil membongkar satu mata rantai para pengedar obat bius dalam sebuah penggerebekan di Semarang. Dalam aksi itu, satu tempat produksi obat berbahaya pil PCC (Paracetamol Caffeine Carisoprodol) sukses dibongkat.

Pak Haji Diketahui Hanya Jual Air Isi Ulang, Ternyata Produsen Pil PCC

Wakil Ketua MUI Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan, bahaya narkoba yang mengancam  bangsa dan negara tidak boleh dianggap ringan, dan harus dijawab dengan serius. Sebab korban akibat penyalahgunaan obat terlarang ini semakin hari bukan semakin berkurang, tetapi justru semakin besar. 

"Hal Ini  merupakan ancaman serius bagi kehidupan bangsa. Untuk hal tersebut MUI mengajak semua pihak untuk mengambil bagian dalam upaya penanggulangan dan pencegahan bahaya obat-obatan terlarang," kata Zainut dalam keterangan tertulisnya, Rabu 6 Desember 2017. 

Polisi Ungkap Modus Operasi Pabrik Pil Gila PCC Satu Ton

MUI meminta kepada BNN untuk mengusut tuntas para bandar dan pelakunya serta memutus mata rantai jaringan sindikasinya, agar dapat menghentikan peredaran obatnya. 

"Kami menengarai bahwa produsen dan jaringan obat terlarang masih banyak beroperasi di berbagai daerah dengan modus dan kreativitas produk turunan yang beragam jenisnya," ujarnya. 

Polisi Gerebek Rumah Pria Bergelar Haji, Ternyata Pembuat Pil Gila PCC

Sindikat yang beroperasi di sebuah rumah di Jalan Halmahera Raya Nomor 27 Kota Semarang, Jawa Tengah terbukti memproduksi jutaan pil PCC setiap harinya. Tiap satu mesin di rumah yang digerebek BNN itu memproduksi 35 butir pil PCC per detik. Jadi mesin tersebut dapat memproduksi setidaknya empat juta butir pil PCC dalam satu hari. Adapun total jumlah yang disita dari rumah tersebut adalah 13 juta butir. 

Polisi memperlihatkan barang bukti jutaan butir pil PCC yang digerebek polisi di Cipondoh, Tangerang, Banten, pada Senin, 6 Agustus 2018.

Pak Haji Cs Mampu Produksi 30 Ribu Pil PCC per Hari

Keuntungan mereka ditaksir mencapai miliaran rupiah per bulan.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2018