Setengah Kementerian Jokowi Belum Patuh Administrasi

Ketua Ombudsman Republik Indonesia Amzulian Rifai
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Sebanyak delapan persen dari 14 kementerian di kabinet kerja Presiden Joko Widodo dan wakil Jusuf Kalla masuk dalam kategori tidak patuh oleh Ombdusman Indonesia.

Disebut Menteri Terbaik Hasil Lembaga Survei, Prabowo: Itu Jadi Beban

Ketua Ombudsman Amzulian Rifai enggan merinci kementerian mana saja yang masuk dalam kategori zona merah pelayanan administrasi itu.

Namun ia memastikan, dari 14 kementerian hanya 35 persen saja yang masuk dalam kategori zona hijau atau patuh. Sementara sisanya selain tidak patuh atau zona merah, masih dalam kategori sedang.

Setelah Jokowi Marah Besar

"Sekitar 57 persen berada pada zona kuning," kata Amzulian di Istana Bogor, Kamis, 7 Desember 2017.

Di bagian lain, terkait aduan yang masuk ke Ombudsman, Amzulian mengakui ada peningkatan di tingkatan publik. Ini ditunjukkan dengan jumlah aduan dari tahun 2015 yang hanya ada 6.897 laporan lalu meningkat lagi menjadi 9.075 pada tahun 2016.

KNPI: Rangkap Jabatan di BUMN Bikin Pejabat Dapat Gaji Dobel

"Tahun 2017 ini kita memprediksi di atas 10.000," katanya.

Terkait rincian aduan, Amzulian menyebutkan masih berkaitan dengan berlarutnya masalah yang telah dilaporkan. Kondisi itu, lanjutnya, membuka peluang untuk terjadinya pungutan liar.

"Bapak Presiden menekankan bahwa kalau memang ada hal-hal yang sifatnya perlu diperbaiki jangan sungkan untuk dipublikasikan dalam rangka untuk perbaikan-perbaikan ke depan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya