MUI Bicara Cara Bikin Keder AS soal Yerusalem

MUI konferensi pers soal keputusan Presiden AS Donald Trump terkait Yerusalem.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ade Alfath

VIVA – Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Majelis Ulama Indonesia Muhyiddin Junaidi menyarankan agar Indonesia memutuskan hubungan diplomatik dengan Amerika Serikat jika Presiden Amerika Serikat Donald Trump tetap tak mencabut keputusan pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel .

Parasit Berbahaya Terungkap dari Toilet di Yerusalem

"Kita bisa putuskan hubungan diplomatik dengan AS jika tidak ada perbaikan," kata Muhyiddin dalam jumpa persnya di Gedung MUI, Jakarta, Jumat 8 Desember 2017.  

Dia menilai, tindakan Trump tersebut merupakan upaya menguji reaksi masyarakat dunia, terutama dunia Islam. Jika reaksi masyarakat dunia menentang, maka Trump akan pikir-pikir memainkan isu Yerusalem. Sebaliknya, jika masyarakat dunia pasif, maka kemungkinan AS dan Israel akan semakin menekan Palestina dalam rencana perluasan tanah Zionis.

7 Fakta Menarik Yerusalem yang Jarang Diketahui, Kota Suci 3 Agama

Muhyiddin menuturkan, dalam isu ini MUI akan melakukan kontak dengan berbagai lembaga negara guna mencari solusi dan menekan AS untuk mencabut keputusan tersebut. 

"Kalau kuat dan masif penolakannya, maka dia akan keder. Maka Indonesia harus memimpin penolakan jangan diam saja," ujarnya. 

Batu Mencurangi Timbangan Umur 2.700 Tahun Ditemukan di Yerusalem

MUI mengutuk keras keputusan Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Tindakan tersebut dinilai telah mengubur proses perdamaian yang sudah digagas masyarakat internasional di kawasan Timur Tengah. 

"Kami meminta agar keputusan tersebut segera dicabut karena akan menciptakan instabilitas di dunia dan mendorong aksi-aksi kekerasan serta terorisme," kata Wakil Ketua Komisi Hubungan Luar Negeri MUI Zaitun Rasmin.

Logo Halal Indonesia.

MUI Kritisi Logo Halal Kemenag

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, Anwar Abbas angkat bicara soal sertifikasi halal yang kini dikelola oleh Badan Pengelola Jaminan Produk Halal Kemenag.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022