Dokter Penghina Panglima TNI Benarkan Akun Facebook Miliknya

PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO TERIMA KUNJUNGAN KAPOLRI TITO KARNAVIAN
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Tim dari Direktorat Tindak Pidana Siber, Badan Reserse Kriminal atau Dittipidsiber Bareskrim Mabes Polri, Jumat 15 Desember 2017 menangkap pelaku ujaran kebencian terhadap Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Presiden Joko Widodo melalui akun Facebook dengan nama Gusti Sikumbang. 

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Pelaku yang diketahui bernama Siti Sundari Daranila (51) yang sehari-hari berprofesi sebagai dokter tersebut ditangkap Tim Tipidsiber Bareskrim Polri yang dipimpin oleh AKBP Irwansyah di kediamannya di Nagari Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Diceritakan Wali Nagari Kayu Tanam, Harmen Sandri, di hadapan petugas Kepolisian yang mendatangi rumah kediaman orangtuanya,  Siti Sundari Daranila mengakui jika akun Facebook bernama Gusti Sikumbang yang digunakan untuk menyebar unggahan ujaran kebencian tersebut merupakan akun Facebook miliknya. Sehari-hari, ia membuka akun Facebook itu melalui telepon genggam.

Mengenal 2 Sosok Jenderal TNI Bintang 4 yang Masih Aktif Betugas

Walau mengakui akun Gusti Sikumbang itu miliknya, namun Siti Sundari Daranila menyebutkan, jika seluruh yang ia posting itu bukan merupakan tulisan aslinya, malainkan salin tempel dari orang lain melalui Facebook maupun WhatsApp.

"Dia mengakui di depan polisi jika akun Facebook itu benar miliknya. Ia hanya copy paste saja," kata Harmen kepada VIVA, Sabtu 16 Desember 2017

18 Jenderal Bintang 2 Dimutasi Panglima TNI di Akhir Maret 2024

Walau demikian kata Harmen, petugas Kepolisian tetap membawa Siti untuk diproses lebih lanjut setelah menunjukkan surat penangkapan. Informasinya, Siti dibawa ke Jakarta. "Saat menjelaskan kepada petugas Kepolisian, Siti didampingi oleh kakaknya Ali," ujar Harmen menjelaskan.

Siti Sundari Daranila sebelumnya sempat mengunggah banyak tulisan yang berisi ujaran kebencian, salah satunya yakni kalimat status, "Kita pribumi rapatkan barisan, Panglima TNI yang baru Marsekal Hadi Tjahyanto bersama Istri Lim Siok Lan dgn 2 anak cewek cowok....anak dan mantu sama sama di angkatan udara," tulisnya.

Selain membawa Siti Sundari Daranila, petugas juga berhasil menyita barang bukti berupa dua unit ponsel. Pantauan VIVA, rumah Siti Sundari Daranila yang berada tepat di pinggir jalan Pasar Gelombang tampak sepi hari ini. (mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya