12 Kabar Heboh Tanah Air Sepanjang 2017

Ilustrasi orang pendek
Sumber :
  • Ant Wallis/Centre for Fortean Zoology

VIVA – Sepanjang tahun 2017 ragam kabar berita bermunculan secara bervariasi dan menyita perhatian publik dan media massa.

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum

VIVA merangkum ada 12 kabar berita yang menghebohkan selama tahun 2017. Sejumlah artikel di bawah ini sempat menyedot perhatian besar pembaca dan menjadi pencarian terbanyak.

Apa saja kabar heboh sepanjang 2017 itu, simak laporan berikut:

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto

Kemunculan Suku Kerdil Aceh

Potongan video yang menampilkan sosok Orang Pendek tak berbaju membawa kayu yang mengejutkan pengendara motor trail di hutan Aceh
Kemunculan sosok orang kerdikl membawa tongkat tanpa busana di pedalaman hutan Aceh, membuat geger publik dan ikut menjadi perhatian media asing.

Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

Sosok misterius yang dipercaya sebagai Suku Mante, yakni suku yang cuma ada di Aceh dan bersembunyi di hutan itu seperti menyingkap tabir kehidupan manusia lain di dalam hutan.

Bagaimana laporan mengenai Suku Mante ini, simak tautan berikut.

Teror Air Keras Novel Baswedan

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi Novel Baswedan bersama istri Rina Emilda dan anak bungsunya saat di Singapura, 15 Agustus 2017.
Novel Baswedan, penyidik senior KPK mendapat teror berupa siraman air keras ke wajahnya. Dua mata Novel pun nyaris mengalami kebutaan.

Ia pun terpaksa mendapatkan perawatan intensif di luar negeri. Sampai kini, siapa penyerang Novel masih abu-abu. Motif apa di balik penyerangan penyidik utama kasus mega korupsi e-KTP itu tetap belum terungkap.

Bagaimana kasus ini bermula dan perkembangannya, simak tautan berikut.

Pengungkapan Pesta Gay

Pelaku pesta seks gay dirilis di Polres Jakarta Utara, Senin, 22 Mei 2017.
Lebih dari seratus pria telanjang yang diamankan di sebuah pusat kebugaran di wilayah Kelapa Gading Jakarta Utara membetot perhatian publik.

Diduga seluruh pria ini merupakan para gay yang sedang menggelar pesta telanjang dan seks sesama jenis. Ini ditunjukkan dengan temuan barang bukti berupa kondom dan alat bantu seks lainnya di lokasi.

Sepanjang 2017, kasus pesta seks gay ini muncul beberapa kali dan berbeda lokasi. Dan pastinya, jumlah pelakunya tidak sedikit dan memanfaatkan ruang-ruang privat.

Bagaimana laporan soal pesta seks kaum gay ini, simak tautan berikut.

Penangkapan Bos First Travel

Anniesa Hasibuan
Kasus penipuan yang dilakukan First Travel, menjadi kabar geger di tanah air. Bagaimana tidak lebih dari 50 ribu orang telah menjadi korban dari bisnis perjalanan umroh dan ibadah haji tersebut.

Uang triliunan rupiah pun menguap dan dinikmati oleh bos First Travel yang juga merupakan desainer kondang Indonesia Anniesa Hasibuan.

Bagaimana kehebohan First Travel ini, simak tautan berikut

Bisnis Kebencian Saracen


Saracen, kelompok yang menjalankan bisnis dengan menyebar kebencian di media sosial, sukses membuka mata publik soal ulah mereka.

Dengan tarif mencapai Rp100 juta atau lebih, kelompok penyebar kebencian ini bisa mengendalikan opini publik lewat media sosial. Maklum, dengan ratusan ribu akun yang dikelola dan dari berbagai platform, membuat Saracen menjadi sebuah bisnis membahayakan.

Lalu bagaimana sepak terjang kelompok Sarcen dan nasibnya hingga kini, simak tautan berikut.

Heboh film G30 S PKI

Presiden Joko Widodo saat nonton bareng G30 S/PKI di Bogor
Film kontroversial G 30 S PKI yang pernah dilarang sejak 1998, kembali diputar untuk pertama kalinya secara serentak di seluruh Indonesia pada tahun 2017.

TNI menjadi motor penyelenggara diputarnya kembali film yang menceritakan tentang aksi pembantaian kelompok komunis di Indonesia pada tahun 1965 itu.

Sempat muncul perdebatan panjang soal film ini. Namun demikian, hal itu tak berkepanjangan. Film fiksi itu pun tetap diputar. Bagaimana awal mula kisruh ini, simak tautan berikut.

Ribuan Senjata Polisi

Senjata dan amunisi milik Polri yang masuk ke Bandara Soekarno Hatta pada Jumat, 29 September 2017.
Tak kurang dari 280 pucuk senjata dan sekira 5.932 butir amunisi berspesifikasi militer secara mengejutkan masuk di Bandara Soekarno Hatta.

Belakangan ternyata, senjata-senjata itu milik Polri yang sengaja dipesan. Polemik pun menegang antara TNI dan Polri.

Apalagi sebelumnya Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memang sempat menyindir secara terbuka ada 'penyelundupan' senjata ke Indonesia dan itu bukan dilakukan oleh TNI.

Bagaimana polemik senjata ini, simak tautan berikut.

Gunung Agung Meletus

Gunung Agung meletus
Akhir November, setelah beristirahat lebih dari setengah abad, Gunung Agung di Pulau Bali akhirnya meletus.

Hingga kini, erupsi gunung yang pernah memicu penurunan suhu dunia pada saat meletus tahun 1963 lalu itu masih terjadi. Bagaimana kabar soal Gunung Agung ini, simak lengkapnya di tautan berikut.

Ledakan Gudang Mercon Kosambi

Sejumlah petugas mengevakuasi para korban kebakaran Gudang mercon di Kosambi Tangerang, Kamis (26/10/2017). Sebanyak 47 orang dilaporkan tewas.
Sebanyak 47 pekerja tewas dan 10 orang lain hilang hingga kini akibat kebakaran gudang mercon di Kosambi Tangerang.

Kejadian ini menjadi kebakaran terbesar yang memakan korban jiwa terbanyak di pengujung tahun 2017. Kabar perkembangan soal ledakan gudang mercon ini pun juga menjadi sorotan publik terbanyak.

Bagaimana kisah soal kebakaran maut di gudang mercon ini, simak tautan berikut.

Penyanderaan 1.300 Warga Papua

 Personel TNI dan Polri melakukan proses evakuasi sejumalh warga di Desa Banti dan Kimbely Tembagapura yang sejak sepekan lalu diisolasi oleh kelompok bersenjata, Jumat (17/11/2017)
Kabar penyanderaan ribuan orang di Desa Banti dan Kimbely Kabupaten Timika Papua menyedot perhatian pada pekan pertama November.

Polisi menyebut itu dilakukan kelompok kriminal bersenjata, sementara TNI menyebutnya dilakukan OPM (Organisasi Papua Merdeka).

Baku tembak pun tak terhindarkan. Beruntung tak ada korban jiwa dari warga. Lalu bagaimana perjalanan isu penyanderaan ini sesungguhnya, simak tautan berikut atau juga bisa di tautan ini.

Setya Novanto Kecelakaan

Pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunandi, saat menunjukkan foto kondisi kliennya usai kecelakaan.
Setya Novanto memang menjadi sosok fenomenal sepanjang tahun 2017. Seluruh kisah tentang Ketua DPR yang kini tersangkut kasus korupsi oleh KPK ini selalu digemari pembaca.

Dan salah satu yang paling fenomenal dari ulah Setya Novanto adalah saat ia kecelakaan usai sehari sebelumnya KPK gagal mencokoknya di kediamannnya.

Jejaring sosial pun banjir dengan olok-olok mengenai Setya Novanto. Bagaimana cerita soal Setya Novanto ini, simak tautan berikut.

Heboh Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad
Aksi pengusiran terhadap ustaz Abdul Somad menjadi kabar fenomenal terakhir di penutup tahun 2017. Pria asli Kabupaten Asahan Sumatera Utara ini diadang di Denpasar Bali oleh sekelompok orang ketika hendak berceramah.

Aksi persekusi itu pun langsung menuai simpatik dan kecamana dari banyak pihak. Karena itu, kabar mengenai ustaz Abdul Somad pun melambung menjadi pencarian pembaca.

Bagaimana kabar soal Abdul Somad, simak di tautan ini. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya