Jonan Tegaskan Bali Aman, Awas Hanya Sekitar Gunung Agung

Gunung Agung Masih Keluarkan Asap Bercampur Abu Vulkanik
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok

VIVA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan menegaskan jika status awas hanya berlaku dalam radius 8-10 kilometer dari puncak kawah Gunung Agung. Di luar itu, Jonan menjamin Bali tetap aman untuk dikunjungi.

Ignasius Jonan Resmi Jadi Komisaris Sido Muncul

“Status awas hanya dari 8-10 kilometer dari puncak kawah Gunung Agung. Di luar itu Bali aman, tidak ada status apa-apa,” kata Jonan di Denpasar, Kamis 21 Desember 2017. 

Kendati begitu, ia meminta semua pihak tetap waspada mengantisipasi kemungkinan terburuk erupsi Gunung Agung yang bisa saja terjadi.

Ignasius Jonan Diangkat Jadi Komisaris Unilever

“Dikatakan waspada itu kitanya sebagai aparatur pemerintah daerah dan pusat apabila erupsinya lebih besar dan lain sebagainya. Di luar 8-10 kilometer statusnya aman. Tidak ada status bagi Pulau Bali,” ujarnya.

Jonan berharap agar semua pihak membantu mengubah persepsi berlebihan menghadapi bencana Gunung Agung. Ia mencontohkan, di bagian barat Pulau Lombok yang tak begitu jauh dari Gunung Agung, namun bisa dengan tenang menyikapi erupsi gunung tertinggi di Bali itu. 

Ignasius Jonan Kunjungi Mako Korps Marinir, Bawa Oleh-oleh Esemka

Sebaliknya, di bagian selatan Bali, misalnya di kawasan Kuta yang berjarak 60-70 kilometer dari gunung setinggi 3.142 mdpl tersebut justru ketakutan dengan bencana erupsi Gunung Agung.

“Logika sederhananya kan begitu. Ke bagian barat Pulau Lombok itu kira-kira 10-15 kilometer dari Gunung Agung. Tapi ke bandara itu kan sekitar 60-70 kilometer. Tapi di sana (bagian barat Lombok) kok merasa aman, sementara di sini yang lebih jauh tidak merasa aman. Ini kan soal persepsi saja,” ujarnya.

Mantan Menhub Ignatius Jonan saat menerima Brevet Kapal Selam

Ignasius Jonan Kenang Upacara di Dalam Lambung KRI Nanggala 402

Iqnasius Jonan pernah merasakan upacara pemberian brevet hiu kencana di dalam lambung kapal selam KRI Nanggala 402.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2021