Gunung Agung Erupsi Lagi, Warga Rasakan Hujan Abu

Gunung Agung di Bali dilaporkan erupsi lagi dengan menyemburkan abu vulkanik setinggi satu kilometer pada pukul 04.55 Wita, Kamis, 28 Desember 2017.
Sumber :
  • VIVA/Bobby Andalan

VIVA – Gunung Agung di Bali dilaporkan erupsi lagi. Gunung itu, menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG, menyemburkan abu vulkanik setinggi satu kilometer pada pukul 04.55 Wita, Kamis, 28 Desember 2017.

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

PVMBG menjelaskan bahwa Gunung Agung memang masih dalam fase erupsi. Aktivitas fluktuatif dalam fase erupsi adalah hal biasa.

"Kadang erupsi, kadang tidak itu hal biasa dalam fase seperti ini," kata Devy Kamil Syahbana, Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur PVMBG, di Pos Pengamatan Gunung Api Agung di Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem.

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

Aktivitas gunung setinggi 3.142 meter di atas permukaan laut itu masih ditandai dengan terjadinya gempa vulkanik, gempa embusan, dan letusan. "Gempa vulkanik mengindikasikan pergerakan magma ke permukaan. Efusi lava mengalami sedikit pelambatan. Abu masih terus dimuntahkan meski ketinggiannya masih rendah," kata Devy.

Sejumlah warga melaporkan hujan abu meski dalam skala yang cukup tipis. Hujan abu terjadi di antaranya di sekitaran Ampalpura, pusat Kabupaten Karangasem.

Daki Gunung Agung Bali Akhir Tahun, Hasto Doakan Megawati dan Jokowi
Sesosok mayat ditemukan di Puncak Gunung Agung Bali

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

Sosok mayat ditemukan di puncak Gunung Agung pada Selasa, 12 Maret 2024. siang. Saat ditemukan posisi mayat berada di ketinggian 2833 Mdpl di Puncak Gunung Agung Bali

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024