Penumpang Kereta Bandara Bebas Bawa Koper Besar

Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta (KA Basoetta).
Sumber :
  • ANTARA Foto/Muhammad Iqbal

VIVA – PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) terus mengupayakan suksesnya integrasi KRL dengan Kereta Bandara yang baru saja diresmikan Presiden, Joko Widodo. Salah satunya dengan memperbolehkan penumpang membawa koper berukuran lebih besar.

Ingin Diintegrasikan, Jokowi Minta Transportasi Publik Harus Mudah dan Nyaman

"Mulai Senin depan di semua stasiun KRL kami sudah melonggarkan ukuran bagasi koper yang dibawa oleh penumpang," kata Direktur Utama PT KCI, MN Fadhila di acara Konferensi Pers 'Kinerja dan Pencapaian KCI 2017 serta Program Kerja KCI 2018,' Jakarta, Kamis 4 Januari 2018.

Fadhil menjelaskan, inovasi ini diterapkan setelah PT KCI melakukan penyesuaian standar penerbangan, mengenai ukuran barang yang boleh dibawa penumpang. Penyesuaian ini bertujuan untuk tetap dapat memberikan pelayanan maksimal kepada pengguna jasa KRL, khususnya bagi yang ingin mengintegrasikan perjalanan KRL dengan Kereta Bandara Soekarno Hatta.

KAI Commuter Sebut Tak Ada Korban Dalam Insiden Kereta Bandara Tabrak Stasiun Bandara Soetta

Dengan kebijakan baru, penumpang KRL dapat membawa barang yang bisa dijinjing sendiri atau diletakkan pada rak bagasi dengan ukuran maksimum 100cm x 40cm x 30cm. Aturan tambahan berlaku untuk pengguna yang membawa koper mulai dari ukuran kabin yakni 18 inci, 19 inci, dan 20 inci hingga ukuran super besar 48cm x 74cm x 29cm.

"Sebelumnya adanya aturan ini petugas akan melarang. Setelah ada aturan ini tidak (dilarang)," ucapnya.

Kereta Bandara Tabrak Batas Aman Stasiun Bandara Soetta Akibatkan Kaca Pecah

Selain itu jumlah total barang bawaan yang nantinya diperbolehkan untuk setiap pengguna adalah sebanyak dua barang ukuran hingga maksimum 100cm x 40cm x 30cm dan dua koper ukuran hingga maksimum 48cm x 74cm x 29cm.

"Hanya koper. Tidak melihat dimensi. Yang kita izinkan itu koper, tas, tas bagasi," kata dia.

Dengan perubahan ini, pengguna Kereta Bandara yang sebelumnya atau sesudahnya menggunakan KRL akan terakomodir kebutuhannya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya