Calon Petahana Riau Ditantang Eks Menteri sampai Danrem

Arsyadjuliandi Rachman dan Suyatno sesaat sebelum mendaftar sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Riau ke kantor KPU setempat di Pekanbaru pada Rabu, 10 Januari 2018.
Sumber :
  • VIVA/Ali Azumar

VIVA – Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau diikuti empat pasangan kandidat. Mereka telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum setempat di Pekanbaru sejak masa pendaftaran dibuka pada 9 Januari dan ditutup pada Rabu tengah malam, 10 Januari 2018.

Seorang Calon Gubernur Riau 'Boikot' KPU

Pasangan petahana Arsyadjuliandi Rachman mendaftar ke KPU di hari. Dia mendaftar bersama calon wakilnya, Suyatno. Pasangan itu didukung tiga partai politik, yaitu Partai Golkar, PDIP, Partai Hanura.

Calon gubernur dan wakil gubernur yang pertama mendaftar, pada 8 Januari, ialah Syamsuar-Edy Nasution. Syamsuar kini menjabat Bupati Siak, sementara Edy ialah perwira tinggi TNI berpangkat brigadir jenderal yang menjabat Komandan Komando Resor Militer (Korem) 031/Wirabima di Pekanbaru. Mereka didukung koalisi PKS, PAN, dan Partai Nasdem.

Ustaz Abdul Somad Isi Tausiah Jelang Pilkada Riau 2018

Wali kota aktif Pekanbaru, Firdaus, juga mencoba menantang sang petahana. Firdaus, yang baru beberapa bulan dilantik sebagai wali kota untuk periode kedua, menggandeng Rusli Effendi, kader PPP dan kini menjabat Sekretaris Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal. Keduanya didukung Partai Demokrat dan PPP.

Calon lain yang mendaftar ialah Lukman Edy, mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal sekaligus bekas Sekretaris Jenderal PKB. Dia kini menjabat anggota DPR RI yang terpilih dari daerah pemilihan Riau.

Dukung Gus Ipul, PKS Tak Mau Dianggap Koalisi dengan PDIP

Lukman menggandeng Hardianto sebagai calon wakilnya. Hardianto kini menjabat anggota DPRD Riau dan Sekretaris Partai Gerindra Riau. Pasangan legislator atau wakil rakyat itu diusung PKB dan Gerindra.

Ilustrasi relawan pasang poster untuk Pilkada 2020

Jelang Pencoblosan Pilkada Serentak 2020, Bawaslu: Jangan Percaya Hoax

Pilkada Serentak 2020 yang pencoblosannya digelar 9 Desember, diharapkan berjalan damai, aman dan bermarwah.

img_title
VIVA.co.id
3 Desember 2020