Kepada Pak Dirman Petani Tembakau Keluhkan Turunnya Produksi

Calon gubernur Jawa Tengah nomor urut 2 Sudirman Said bersama petani tembakau Temanggung, Jawa Tengah.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Para petani tembakau mengeluhkan penurunan produksi tembakau dalam lima tahun terakhir. Sulitnya memperoleh pupuk menjadi salah satu sebab merosotnya produksi.

Baliho Bertebaran Dimana-mana, Kapolda Irjen Luthfi Bantah Ancang-ancang Pilgub Jateng

Keluhan para petani tembakau itu disampaikan kepada calon gubernur Jawa Tengah nomor urut 2, Sudirman Said, saat mengunjungi sentra petani tembakau di Desa Ngaditirto, Selopampang, Temanggung, Jawa Tengah, Sabtu 17 Februari 2018.

Kepada Pak Dirman, para petani berharap bila mantan menteri Energi dan Sumber Daya Mineral itu nanti terpilih akan memperhatikan nasib petani tembakau. Misalnya dengan mempermudah petani memperoleh pupuk. Karena pupuk menjadi faktor penting untuk meningkatkan produksi tembakau.

Masuk Bursa Cagub Jateng 2024, Irjen Ahmad Luthfi: Saya Masih Dinas

Calon gubernur Jawa Tengah nomor urut 2 Sudirman Said berdialog dengan petani.

Pak Dirman yang berpasangan dengan Ida Fauziah berjanji dirinya akan memperhatikan keluhan para petani. Apalagi dirinya juga sudah menyampaikan akan menjadi gubernurnya petani, gubernurnya orang desa.

Diah Warih Muncul di Bursa Cagub-Cawagub Jateng, Bersaing dengan Kaesang hingga FX Rudy

"Saya di mana-mana sudah bilang akan menjadi gubernurnya petani, gubernurnya orang desa, jadi kalau diberi kesempatan oleh masyarakat Jawa Tengah saya tentu akan bela nasib petani," katanya.

Pak Dirman mengungkapkan, memuliakan petani merupakan salah satu program yang akan dijalankannya jika terpilih memimpin Jateng kelak.

Pak Dirman juga menyampaikan, dirinya juga memiliki program pemberdayaan masyarakat desa. Di antaranya dengan membangun kembali lumbung-lumbung desa untuk ketahanan pangan Jawa Tengah khususnya, dan nasional pada umumnya.

Didukung Warga Batak

Dukungan untuk Sudirman Said-Ida Fauziah terus mengalir dari berbagai elemen masyarakat. Tak hanya orang Jawa, dukungan juga diberikan oleh warga keturunan Batak di Jawa Tengah.

Mereka tergabung dalam Ikatan Batak Indonesia Raya (IBARA). Pernyataan dukungan terhadap Sudirman-Ida oleh warga Batak ini dilakukan dalam deklarasi di markas Tim Perjuangan Merah Putih jalan Pamularsih 95 Semarang, Jumat malam, 16 Februari 2018.

Ketua DPD Ikatan Batak Indonesia Raya, Agus Budi Raharja, menyampaikan, dukungan pihaknya untuk paslon nomor urut 2 didasari atas kesamaan pemikiran, khususnya terkait visi misi paslon yang sangat pro masyarakat kecil.

"Terutama (program) dalam hal pengentasan kemiskinan, kepedulian terhadap perempuan dan merangkul berbagai komunitas," kata Agus.

Selain itu, dukungan tersebut melihat sosok Sudirman dan Ida yang selama ini dikenal beintegritas dan bersih. Sosok keduanya dinilai bisa merangkul semua kalangan masyarakat.

Dengan menggandeng komunitas, lanjutnya, aspirasi dan peran publik dalam pembangunan akan semakin meningkat. Sebagaimana yang diutamakan oleh Sudirman Said-Ida Fauziah.

"Kami akan menggandeng komunitas pencinta burung, olahragawan sampai pencinta motor atau klub motor," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya