SBY Beri Sinyal Koalisi dengan Jokowi di 2019

Presiden Joko Widodo Bertemu Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA – Ketua Umum Partai Demokrat yang juga Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono memberikan sinyal berkoalisi dengan Joko Widodo dalam Pemilu 2019.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

SBY pun membanggakan pengalamannya yang berhasil menjabat dua periode sebagai presiden RI. 

"Jika Allah menakdirkan, sangat bisa partai Demokrat berjuang bersama bapak (Jokowi). Tentu bapak sangat memahami sebagaimana pengalaman saya pada Pilpres 2004-2009 dahulu, perjuangan bersama apapun namanya akan berhasil dan menang jika kerangka kebersamaannya tepat," kata SBY saat pembukaan Rapimnas Partai Demokrat di Sentul, Bogor, Sabtu 10 Maret 2018.

Sulit Berkemih Hingga Ejakulasi Darah Tanda Kanker Prostat

SBY menambahkan, perjuangan koalisi akan berhasil jika visi-misi dan platform pemerintahan untuk 2019-2024 tepat dan disusun secara bersama. Hal tersebut bisa dilakukan dengan catatan di antara partai koalisi harus saling percaya dan saling menghargai.

"Harus muncul respect dan trust. Ini sangat penting. Koalisi masalah hati. Demokrat siap membangun koalisi seperti itu," jelasnya.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Selain itu, SBY meminta restu dari, Jokowi untuk ikut dalam Pilkada 2019. "Demokrat memohon doa restu agar perjuangan politik kami, termasuk mengikuti Pemilu 2019 berhasil," ujarnya.

Meski begitu SBY menyatakan, partai Demokrat sampai hari ini belum menentukan Capres dan Cawapres yang akan diusung 2019. SBY memastikan partainya akan mendorong kandidat terbaik.

"Insya Allah Demokrat pada 2019 akan mengusung pasangan capres dan cawapres yang paling tepat dan paling baik. Pada saatnya nanti akan kami umumkan sebagai pasangan calon yang diusung Demokrat," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya