Jokowi Rajin Bagi-bagi Sertifikat, Amien Rais: Pengibulan

Amien Rais
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lilis Khalis

VIVA – Presiden Joko Widodo sering berkunjung ke daerah dengan salah satu agendanya membagikan sertifikat tanah. Kegiatan Jokowi ini disindir mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Amien Rais.

Rektor Pakuan: Klaim Menang Pilpres 2019 Agar Disikapi Hati-hati

Amien menilai cara Jokowi dengan membagi-bagikan sertifikat itu masih belum bisa menuntaskan permasalahan soal kepemilikan lahan.

Hal ini disampaikan pendiri Partai Amanat Nasional tersebut dalam diskusi Bandung Informal Meeting dengan topik 'Kegagalan Negara Memberikan Rasa Aman Kepada Rakyat dan Bangsa, melanggar UUD 1945 pasal 28 G (1) dan Hak Asasi Manusia' di Hotel Savoy Homann Kota Bandung, Minggu, 18 Maret 2018.

PKB Mengadu ke KPU Lamongan

Baca: Satu Orang Meninggal saat Jokowi Bagikan Sertifikat Tanah

"Ini pengibulan, waspada. Bagi-bagi sertifikat tanah sekian hektare, tetapi ketika 74 persen negeri ini dimiliki kelompok tertentu, seolah dibiarkan," kata Amien Rais.

Duh, Kantor Jurdil2019.org Diintai Orang Tak Dikenal

Presiden Joko Widodo saat penyerahan sertifikat tanah di Serang Banten

Dengan situasi tersebut, kata Amien, pemerintah eraeJokowi mengalami kemunduran. Bahkan, rezim Jokowi dianggap paling mundur dibandingkan rezim-rezim sebelumnya.

"Ini apa-apaan. Saya ingin sampaikan bahwa sesungguhnya negeri ini memang dalam sepanjang sejarah mungkin ini paling bawah," tegasnya.

Baca: Ke Jatim, Jokowi Bagi-bagi Sertifikat dan Bertemu Ulama

Amien secara kritis menyinggung sistem keadilan yang belum berjalan di Tanah Air. Bagi dia, keadilan semakin menjauh.

"Sesungguhnya yang kita lakukan adalah merespons pada panggilan Allah. Sedang mencoba menegakkan keadilan di negeri yang kita cintai, keadilan semakin menjauh. Keadilan ada di dalam ideologi negara Pancasila," tuturnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya