Luhut Geram ke Amien Rais: Apanya yang Ngibulin?

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Didik Suhartono

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhur Binsar Pandjaitan geram pada mantan Ketua MPR Amien Rais yang mengkritik Presiden Joko Widodo soal bagi-bagi sertifikat tanah. Ia tak suka dengan pernyataan Amien yang menyebut Jokowi mengibul.

Luhut Hanya Mau Turis Asing 'Kaya' yang Datang ke Indonesia

"Ada senior bilang bahwa ngasih sertifikat itu ngibulin rakyat, apanya yang ngibulin?" kata Luhut di Gedung BPK, Senin 19 Maret 2018.

Luhut menyindir Amien, yang hanya asal bunyi dalam melontarkan pernyataan. Menurutnya, masalah sertifikat sudah ada dengan proses yang lama dan panjang. Seharusnya, dengan cara Jokowi sekarang, bisa dilihat secara obyektif.

Luhut Sindir Banyak Pengamat Kritik Pemerintah, Tapi Tak Pakai Data

"Dari dulu juga sertifikat itu dilakuin, tetapi prosesnya panjang, lama, dan sedikit. Sekarang prosesnya cepat dan banyak. Salahnya di mana? Jadi asbun (asl bunyi) aja," ujar Luhut.

Kemudian, ia meminta agar Amien jangan banyak bicara. Sebagai senior, seharusnya Amien tidak boleh asal bicara.

WALHI Kecam Keinginan Luhut Keluar dari Kesepakatan Paris

"Saya pikir, kita enggak boleh asal ngomong, apalagi udah senior-senior. Dia kan 70 tahun, saya juga 71 tahun," kata Luhut.

Baca: Jokowi Rajin Bagi-bagi Sertifikat, Amien Rais: Pengibulan

Sebelumnya, Amien melontarkan kritikan soal gaya Jokowi yang sering berkunjung ke daerah dengan salah satu agendanya membagikan sertifikat tanah. Menurut dia, cara Jokowi ini bukan menuntaskan permasalahan kepemilikan lahan.

Amien menilai, cara Jokowi dengan membagi-bagikan sertifikat itu masih belum bisa menuntaskan permasalahan soal kepemilikan lahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya