JK Nilai Airlangga Punya Peluang Jadi Cawapres Jokowi

Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Wapres JK
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar GM

VIVA – Nama figur pendamping Jokowi sebagai calon wakil presiden masih menjadi teka-teki. Sejumlah nama mulai dari pimpinan partai politik sampai mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Soal Konflik Israel-Iran, Airlangga Cermati Dampak ke Sektor Logistik Minyak Mentah Dunia

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto memiliki peluang untuk menjadi cawapres bagi Joko Widodo di Pilpres 2019.

Airlangga yang juga Menteri Perindustrian itu dinilai memenuhi sejumlah kriteria yang diperlukan supaya Jokowi kembali terpilih menjadi presiden.

Airlangga Percaya Diri Dipilih Lagi secara Aklamasi di Munas Golkar

"Banyak hal yang cocok (dari Airlangga untuk menjadi cawapres Jokowi). Tinggal usaha saja," ujar JK usai rapat kerja nasional (rakernas) Partai Golkar di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Kamis, 22 Maret 2018.

JK menyampaikan, kriteria itu di antaranya adanya kemungkinan bagi Airlangga untuk secara signifikan berkontribusi terhadap elektabilitas Jokowi. Selain itu, kepiawaian Airlangga di sejumlah bidang pemerintahan juga diyakini menjadikan dirinya bisa menjadi cawapres bagi Jokowi.

Konflik Israel-Iran Memanas, Airlangga Sebut Stabilitas Keuangan Aman 

"Selalu saya katakan juga syarat utamanya (cawapres Jokowi), dapat membantu elektabilitas, juga punya konstituen sendiri sehingga kalau bergabung, dapat meningkatkan suara," ujar JK.

Jelang pendaftaran pasangan capres dan cawapres pada Agustus 2018, sejumlah nama digadang-gadang menjadi pendamping Jokowi. Selain Airlangga, ada Ketua Umum PPP Romahurmuziy, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Mahfud MD, hingga Gatot Nurmantyo.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto

Asia Business Council, Menko Airlangga Yakinkan Komitmen Indonesia Mempercepat Pembangunan Ekonomi

Menko Airlangga: di tengah kondisi perekonomian global yang masih tidak stabil, perekonomian Indonesia mampu tumbuh sebesar 5 persen selama 8 kuartal terakhir.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024