Selain Eggi Sudjana, PAN Siap Tampung Tokoh 212 untuk Nyaleg

Bendera Partai Amanat Nasional
Sumber :
  • VIVA.co.id / Eduward Ambarita

VIVA – Partai Amanat Nasional merespons imbauan tokoh aksi 212, Habib Rizieq Shihab agar Gerindra, PKS, dan Partai Bulan Bintang (PBB) bisa berkoalisi di Pilpres 2019. Wakil Sekretaris Jenderal PAN Saleh Partaonan Daulay siap menindaklanjuti keinginan Rizieq.

Habib Rizieq Sempat Khawatir Hadir ke Reuni 212: Takut Ditangkap Lagi

Saleh menilai PAN siap menampung tokoh-tokoh gerakan 212 bergabung ke partai dan menjadi anggota legislatif. Cara ini sebagai respons dari imbauan Rizieq. Salah satu tokoh 212 yang sudah bergabung ke PAN adalah Egi Sudjana.

"PAN adalah partai terbuka. PAN membuka kesempatan kepada pihak yang memiliki visi dan semangat perjuangan untuk bergabung. Dalam hal ini, alumni 212 banyak yang pantas masuk ke kancah politik praktis," kata Saleh dalam pesan singkatnya kepada VIVA, Jumat malam, 23 Maret 2018.

Panitia Klaim Tak Ada Orasi Politik di Reuni 212: Fokus Munajat dan Salawat

Menurut dia, dari sejarah partai, PAN terlahir dari gerakan dan tuntutan umat. Kemudian, faktor figur Amien Rais juga menjadi motivasi dari terobosan PAN ini. Selain pendiri PAN, Amien juga tokoh aksi 212.

"Sebut saja Pak Amien Rais ini motivasinya. PAN sejarahnya lahir dari gerakan dan tuntutan umat," jelas Saleh.

Panitia Reuni 212 Tak Undang Anies Baswedan, Habib Rizieq Masih Pikir-pikir

Kemudian, kata dia, soal koalisi di Pilpres 2019 juga  perlu dilakukan pertemuan lintas tokoh dan petinggi ormas-ormas Islam untuk mengatur strategi. Upaya ini untuk menghimpun suara umat agar tidak tercerai berai.

"Dalam kesempatan itu, semua harus membuka diri dan menghindari ego sektoral," ujar Saleh.

Baca: Prabowo Apresiasi Keinginan Rizieq soal Koalisi Pilpres 2019

Lalu, dia juga mendorong semua pihak yang ikut dalam aksi umat 212 melakukan kampanye bersama baik formal maupun informal bagi pemenangan keempat partai itu. Terakhir, dia meminta semua jaringan 212 diharapkan mengawal jalannya Pilkada 2018 hingga Pemilu 2019.

"Saya yakin, jika keempat hal itu dilakukan, harapan HRS untuk menghimpun kekuatan umat Islam bisa berhasil. Tetapi jika masih ada ego sektoral dan target perjuangannya jangka pendek, tentu ada kesulitan tersendiri," pungkas dia.

Baca: Faktor Amien Rais, Eggi Sudjana Pilih Gabung ke PAN

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya