Safari ke Ponpes Wonosobo, AHY Bicara Isu Palestina

Agus Harimurti Yudhoyono
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Politikus Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terus melakukan safari politik ke Jawa Tengah. Kali ini, Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Demokrat itu menyambangi Pondok Pesantren Tahfidzul Quran (PPTQ) Al Asy'ariyyah, Kalibeber, Wonosobo.

AHY Ungkap Ternyata Wali Kota Surabaya Teman Sekelasnya Kuliah Doktor

Dalam kesempatan itu, AHY menyinggung status Indonesia sebagai negara dengan penduduk mayoritas muslim.

"Inilah sejatinya Islam Indonesia. Sangat khas, karena kita hidup berdampingan dengan umat-umat agama lainnya," ujar AHY dalam keterangannya, Jumat, 13 April 2018.

Pakai Sarung dan Peci, AHY Sowan ke Rais Aam PBNU

Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono itu juga mengimbau agar para santri peduli dengan isu terkait umat Islam di negara lain. Ia menyoroti beberapa isu seperti yang terjadi di Timur Tengah. Persoalan senjata kimia di Suriah, pembantaian etnis muslim Rohingya di Myanmar, hingga tewasnya belasan warga Palestina saat bentrok dengan tentara Israel.

"Sebagai muslim terbesar di dunia, Indonesia juga bisa dan harus menunjukkan sikapnya merepresentasi dunia Islam yang kita tahu tidak selalu dalam situasi yang baik," lanjut mantan calon Gubernur DKI itu.

Emil Dardak Bicara 'Kuda Hitam' AHY dan Nasib Demokrat pada 2024

AHY mengingatkan sebagai negara muslim terbesar di dunia, setidaknya RI bisa menyuarakan sikap dan pandangan kritis.

"Sikap kritis yang mengecam terjadinya tragedi-tragedi kemanusiaan yang menghantui dan menyengsarakan umat Islam di belahan dunia lain," tutur AHY.

Agus Harimurti Yudhoyono

Kehadiran AHY ke Ponpes (PPTQ) Al Asy'ariyyah sebagai salah satu safari politik di Jawa Tengah. Rencananya, AHY akan menyambangi 14 kabupaten/kota di Jawa Tengah. Sebelumnya, AHY bertemu dengan putra Presiden Joko Widodo Gibran Rakabuming Raka, di Solo.

Wakil Sekretaris Jenderal Demokrat Putu Rudana Sudpama mengatakan safari AHY di Jateng diawali di Klaten kemudian Sukoharjo Solo. Berikutnya, Wonosobo dan Boyolali. Menyambangi pondok pesantren merupakan salah satu agenda AHY. Selain ponpes, AHY juga menemui pelaku UKM seperti usaha mebel hingga batik.

"Kunjungan ke Jateng ini menyapa 15 kabupaten kota di Jawa Tengah yang salah satunya menyapa dan berdialog dengan santri di Ponpes," kata Putu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya