PDIP Dukung Perppu Jika Penyelesaian RUU Terorisme Mandek

Olah TKP ledakan bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur
Sumber :
  • REUTERS/Sigit Pamungkas

VIVA – DPR bersama pemerintah siap merampungkan proses revisi Rancangan Undang-undang tentang terorisme yang molor dari target. Fraksi PDI Perjuangan di DPR mendukung penyelesaian RUU Terorisme.

Hakim India Hukum Mati 38 Terdakwa Ledakan Bom 2008

Anggota Fraksi PDIP, Darmadi Durianto meminta komitmen setiap fraksi untuk mendorong RUU Terorisme disahkan menjadi UU. Namun, bila deadlock, harus ada opsi seperti kebijakan Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu).

"Kami dukung. Jadi sudah tepat, jika pak Jokowi ambil opsi terbitkan Perppu seandainya RUU Terorisme yang tengah dibahas DPR nanti mandek," kata Darmadi dalam keterangannya, Selasa 15 Mei 2018.

2 Tersangka Ledakan di Sibolga Ternyata Simpan 60 Botol Bom Ikan

Dia menekankan, RUU Terorisme harus dirampungkan, karena kondisi penting terkait rentetan aksi teror yang terjadi belakangan ini. Aksi teror bom yang biadab menelan puluhan jiwa warga yang tak bersalah.

"Ini sudah gawat, banyak orang tak berdosa jadi korban kebiadaban teroris. Terorisme adalah persoalan kita bersama, persoalan bangsa," tutur Darmadi.

Polri Ungkap Kronologi Ledakan Tangkahan Ikan di Sibolga

Kemudian, ia mengingatkan, agar elite politik lebih bijak dalam menyampaikan pernyataan untuk menghindari kegaduhan. Apalagi, masalah terorisme ini cukup sensitif.

"Berikan keleluasaan pada aparat pemerintah untuk selesaikan. Jangan sampai memperkeruh keadaan. Sebab, hal itulah yang diharapkan kelompok teroris," ujarnya.

Baca: Juni RUU Anti Terorisme Tak Selesai, Jokowi Terbitkan Perppu

Rentetan aksi teror di Surabaya dan Sidoarjo membuat berbagai pihak kembali mendorong percepatan RUU Terorisme yang digodok di DPR. Penyelesaian RUU ini molor sejak Pansus Terorisme terbentuk 2016 lalu.

Ada beberapa poin, seperti alotnya titik temu pemahaman definisi dan kewenangan TNI dalam penindakan teroris yang membuat proses RUU Terorisme tak kunjung rampung. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya