Jokowi Restui Koopssusgab, Gerindra: Akar Masalah Perhatikan

Koopssus TNI.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA – TNI menyiapkan Komando Operasi Khusus Gabungan atau Koopssusgab, untuk bersama Polri ikut memberantas aksi terorisme. Namun, restu Presiden Joko Widodo dalam Koopssusgab ini masih direspons belum satu suara oleh fraksi di DPR.

Gerindra Cium Aroma Pilkada dalam Penanganan Covid-19 di Depok

Anggota Fraksi Gerindra, Gus Irawan Pasaribu mengatakan, rencana pembentukan Koopssusgab tak menjamin masalah terorisme diselesaikan. Menurutnya, saat ini yang terpenting adalah akar masalah terorisme yang harus diselesaikan.

"Jadi, saya kira, kemudian akar masalahnya ini diperhatikan. Ini kan, kemiskinan semakin besar, ketimpangan semakin melebar, ada rasa ketidakadilan di tengah masyarakat. Apapunlah dilakukan melawan terorisme, tetapi akar masalah jangan lupa," kata Gus Irawan saat dihubungi, Jumat 18 Mei 2018.

Kocak, Andre Rosiade Pesan Tiket Debat RR vs Luhut Bahas Utang Negara

Gus Irawan berpendapat, apapun lembaga yang dibentuk untuk tujuan pemberantasan terorisme, bisa saja dilakukan. Namun, sesungguhnya ia ingin solusi yang lebih substansial. Kebijakan yang bersifat untuk pencegahan secara rasional.

"Untuk pencegahan, karena kejadian akhir-akhir ini sudah di luar nalar, di luar akal sehat. Satu keluarga bisa melakukan itu, saya kira harus masuk ke akar masalahnya," lanjut Gus.

PA 212: Prabowo Sudah Finis

Kemudian, ia mengkritisi cara aparat yang saat ini sudah mencurigai warga sipil yang berbusana tertentu. Seharusnnya, aparat bisa punya cara lain tanpa perlu membuat publik antipati

"Orang pakai eci, pakai sarung, bawa kotak, kotaknya dibuka segala macam, ya silahkan lah bercuriga. Tetapi, cara-caranya tak harus yang membuat antipati masyarakat terhadap aparat. Jadi, caranya yang simpatiklah," kata Gus

Seperti diketahui, rentetan aksi terorisme di Surabaya, Sidoarjo, hingga Riau, memunculkan desakan agar revisi Undang-Undang Terorisme segera dirampungkan. Pemerintah dan DPR diminta satu suara, agar revisi UU Terorisme rampung.

Di tengah desakan revisi UU Terorisme, muncul usulan agar dilibatkan Koopssusgab yang merupakan pasukan elite TNI dari tiga matra. Keterlibatan Koopssusgab ini, nanti akan bekerja sama dengan Polri dalam memberantas terorisme. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya