Survei: Khofifah-Emil Unggul di Kalangan Pemilih Milenial

Cagub dan Cawagub Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (kanan) dan Emil Dardak (kiri)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Didik Suhartono

VIVA – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dinilai lebih populer di kalangan pemilih milenial. Keduanya menjadi calon yang paling banyak disuka dan dianggap layak memimpin Jawa Timur lima tahun mendatang. 

Simulasi 3 Nama Pilgub Jatim Versi ARCI: Khofifah Unggul, Dibayangi Cak Imin dan Risma

Hal tersebut terungkap dalam hasil survei yang diselenggarakan Alvara Research Center. Dalam survei tersebut, elektabilitas Khofifah-Emil unggul dari pasangan Gus Ipul dan Puti. Khofifah-Emil meraup suara sebesar 48 persen, sedangkan Gus Ipul-Puti hanya memperoleh 41,9 persen dari total responden. 

"Pasangan Khofifah-Emil berhasil memikat pemilih milenial dan tua, Khofifah-Emil unggul di kelompok usia 17 – 35 tahun dan usia di atas 46 tahun, sementara Gus Ipul-Puti hanya unggul di kelompok usia 36 – 45 tahun," ujar Founder dan CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali melalui keterangan tertulis, Rabu 23 Mei 2018. 

Gerindra Hanya Rekom Khofifah sebagai Cagub Jatim, Emil Tak Pasti jadi Cawagub

Hasanuddin memaparkan, di rentang usia 17-25 tahun elektabilitas Khofifah-Emil mencapai 46,9 persen. Sedangkan di rentang usia 26-35 tahun, pasangan itu meraih angka 54 persen. 

Sementara itu, keunggulan Khofifah-Emil juga terlihat di rentang usia 46-55 tahun dan 56-65 tahun. Di mana pasangan nomor urut satu tersebut meraih angka masing-masing 47,2 persen dan 49,5 persen. 

Khofifah: Kita Doakan Oktober Mendatang Presiden ke-8 Prabowo Dilantik

"Keduanya dianggap merupakan kombinasi pasangan ideal, di mana Khofifah memiliki pengalaman dan usia yang matang sementara Emil adalah sosok intelektual dan mewakili generasi milenial," terangnya. 

Survei dilaksanakan pada 29 April - 5 Mei 2018. Dengan menggunakan metode multistage random sampling, melalui wawancara tatap muka terhadap 800 responden yang berusia 17 tahun ke atas. 

Responden tersebar secara proporsional di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Survei tersebut mempunyai tingkat kepercayaan 95 persen, serta margin of error 3,46 persen.  (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya