Amien Rais Semangat Lagi Mau Nyapres 'Berkat' Mahathir

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kanan) berbincang dengan Amien Rais (kiri)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais yakin PAN bisa mengusung calon Presiden dari kadernya sendiri. Jika Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengusung sebanyak sembilan nama calon Presiden, Amien menegaskan ada empat nama yang akan diusung PAN, termasuk dirinya. 

Mahfud MD: Keputusan Sudah Ada, Negara Harus Terus Jalan

Menurut mantan Ketua MPR ini, Presiden Jokowi memang sudah dideklarasikan sebagai calon Presiden oleh PDIP dan beberapa partai koalisi. Sementara itu, yang akan menjadi rival Joko Widodo memang masih belum jelas.

"Pak Prabowo sudah di-endorse oleh partainya. Tapi koalisinya masih belum solid. Sementara itu memang nanti dalam Rakernas PAN, kalau PKS misalnya mengusung 9 nama calon presiden maka kami akan mengusung cuma empat saja," ujar Amien usai buka puasa bersama di rumah Ketua MPR, Zulkifli Hasan, di Jakarta, Sabtu malam 9 Juni 2018.

M Taufik Bantah Pendukung Prabowo-Sandi Ikut Serta dalam Aksi 22 Mei

Keempat nama yang akan diusung PAN itu adalah Zulkifli Hasan, Sutrisno Bachir, Hatta Rajasa dan dirinya sendiri, Amien Rais. Ia menyebut terkait pilihan, maka nanti masyarakat yang akan memberikan penilaian. 

"Jadi kita tetap dengan Gerindra, PKS, PBB bahkan kalau misalnya ini Partai Demokrat memperkuat kita, itu akan lebih bagus lagi. Jadi ini masih cair. Pak Zul akan menghubungi tokoh-tokoh partai itu," katanya. 

Sikapi Pemilu 2019, Hayono Isman: Indonesia Dibangun atas SARA

Manuver dari PAN menurutnya akan sangat lincah. Ia pun menjanjikan akan ada keputusan besar setelah Lebaran." Setelah Lebaran nanti akan ada, lebih jelas lagi," katanya.

Kader Terbaik

Dia pun menjabarkan kader yang akan diusung adalah yang terbaik, yakni Ketua Umum PAN di masing-masing zamannya. Calon Presiden pertama yang akan diusung PAN adalah Ketua DPP PAN sekaligus Ketua MPR, Zulkifli Hasan yang juga berpengalaman di eksekutif sebagai Menteri Kehutanan selain pengalamannya di legislatif yang menjabat sebagai Ketua Fraksi dan Ketua Komisi. 

"Kemudian, mas Hatta (Rajasa) kan juga layak. Pernah jadi Menteri di eksekutif dan pernah jadi legislatif pengalaman nya juga sangat bagus. Jadi juga akan kita calonkan sebagai Capres," katanya. 

Kemudian yang ketiga, Sutrisno Bachir yang berpengalaman di dunia bisnis dan juga politik. Berdasarkan pengalaman tersebut, dia menegaskan Sutrisno Bachir layak dicalonkan. 

"Kalau mbah Amien Rais ini kan walaupun tua ya tidak apa-apa. Begitu Mahathir Mohamad jadi (PM Malaysia), saya jadi remaja lagi sekarang kan. Jadi saya pun sedikit agak layak ya. Sudah agak kuno, tapi ya dengan Mahathir itu jadi ada semacam ada perubahan visi orang Asia tenggara ini," tuturnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya