Giri Kiemas Unggul di Pilkada Sumsel Versi Charta Politika

Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel Dodi Reza Alex Noerdin (kir)-Giri Ramandha Kiemas (kanan) berpidato di hadapan para pendukungnya saat deklarasi di Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) Palembang, Sumatera Selatan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA – Hasil hitung cepat dari beberapa lembaga survei menempatkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru-Mawardi Yahya sebagai pemenang Pilkada Sumatera Selatan 2018.

Sejumlah Tenda TPS di Sumsel Ambruk Diterjang Angin

Sementara itu, pasangan calon Dodi Reza Alex-Giri Ramanda Kiemas berada di urutan kedua, disusul Ishak Mekki-Yudha Pratomo di posisi ketiga. Di urutan terakhir menempatkan pasangan calon yang diusung Gerindra dan PKS, Aswari Rivai-Muhammad Irwansyah.

Hasil perhitungan cepat ini di luar prediksi karena sebelumnya tingkat elektabilitas Dodi-Giri justru lebih tinggi. Bahkan, pasangan nomor urut empat ini juga belum mengakui kekalahan, karena hasil sesungguhnya baru akan diumumkan Komisi Pemilihan Umum.

Pilkada Sumsel, Bawaslu Catat 20 ASN Diduga Langgar Netralitas

"Siapa yang menang belum bisa dipastikan. Kita tunggu saja real count, hasil rekapitulasi KPU. Karena semua lembaga survei hasilnya tidak sama," kata Giri Ramanda di Palembang, Rabu 27 Juni 2018.

Berdasarkan hasil hitung LSI, Herman-Mawardi berada di posisi teratas dengan 35,33 persen suara. Dodi-Giri di urutan kedua dengan perolehan suara 31,94 persen, disusul Ishak Mekki-Yudha Pratomo 21,03 persen dan Aswari Rivai-Muhammad Irwansyah dengan 11,69 persen suara.

Untung Rugi Pilkada Langsung dan Tak Langsung

Tidak jauh berbeda, hitung cepat yang dilakukan Indikator juga menempatkan Herman-Mawardi di urutan teratas dengan suara 34,95 persen. Disusul Dodi-Giri 31,95 persen, Ishak Mekki-Yudha Pratomo 21,25 persen dan Aswari Rivai-Muhammad Irwansyah 11,85 persen suara.

Bagi Giri, dengan margin of error mencapai 2 persen, semua kemungkinan masih bisa terjadi. Mereka bisa saja kalah, namun tidak menutup kemungkinan perolehan suara justru akan berbalik. Apalagi perolehan suara cukup ketat yang hanya berjarak 3 persen.

"Charta Politika justru menempatkan kami unggul dengan 0,2 persen. Tapi kami tetap tidak ingin mengklaim kemenangan karena semuanya bisa saja berubah. Kita tunggu saja hasil real count dari KPU," ujar Giri.

Baca: Pilkada Sumsel Sengit, Herman Kalahkan Putra Alex Noerdin

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya