Puan Sebut Jokowi Tak Wajib Jadi Capres Pertama Umumkan Cawapres

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani
Sumber :

VIVA – Joko Widodo tidak wajib menjadi kandidat calon presiden pertama yang mengumumkan calon wakil presidennya. Hal itu dikemukkan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani. 

Hasto PDIP: Mbak Puan Ketua DPR Selanjutnya Sesuai Arahan Ibu Megawati

"Tidak ada aturan yang menyatakan bahwa incumbent atau capres incumbent harus duluan (mengumumkan cawapres)," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 11 Juli 2018.

Menurut Puan, sama seperti kandidat capres lain, Jokowi juga senantiasa mencermati dinamika politik untuk menentukan cawapres lantas akan melakukan pengumuman pada waktunya.

Puan Maharani Ingatkan Pemudik Hati-hati karena Jutaan Orang Akan Mudik

Puan menyampaikan, teka-teki cawapres Jokowi pasti terjawab menjelang pendaftaran di KPU pada 4 hingga 10 Agustus 2018. Puan yang juga menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) ini memastikan, pengumuman akan dilakukan begitu Jokowi merasa momennya telah tepat.

"Semuanya juga sesuai aturan saja. Saat waktunya pendaftaran juga, ya kami daftar," ujar Puan.

Gerindra Pastikan Hak Angket Tidak Jadi

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan, pengumuman cawapres oleh Jokowi, dan kandidat capres lain, Prabowo Subianto, akan sangat ditunggu. Pengumuman akan menjadi momentum bagi poros lain untuk juga merumuskan langkah politiknya menjelang pendaftaran di KPU.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman

Gerindra Sebut Dasco dan Puan Faktor Penting Percepatan Rekonsiliasi Politik

Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman berharap kedekatan Sufmi Dasco Ahmad dan Puan Maharani jadi jembatan rekonsiliasi Gerindra dan PDIP.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024