DPR Dukung Kebun Raya Lemor Lestarikan Berbagai Spesies

Anggota Komisi VII DPR RI Kurtubi
Sumber :

VIVA – Kebun Raya (KR) Lemor di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, menyimpan spesies flora endemik khas kawasan Sunda Kecil (NTB, NTT, Bali). Kekayaan tumbuhan endemik Sunda Kecil dikonservasi dengan baik oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) NTB di KR Lemor.

Aparat Gabungan Bersiaga di KPU dan DPR Jelang Penetapan Hasil Pemilu

KR Lemor menempati areal seluas 124,9 hektar dan akan dirilis pada 8 Agustus 2018. KR ini menambah jumlah KR di Indonesia yang berfungsi mengonservasi keanekaragaman tanaman khas Indonesia. Di KR Lemor ini ada anggrek endemik Lombok bernama Vanda lombokensis dengan daun bunga berwarna putih kecoklatan. Bahkan, KR Lemor juga menyimpan tanaman durian gundul yang juga khas Lombok.

Anggota Komisi VII DPR RI Kurtubi mengatakan, pihaknya sangat mendukung keberadaan KR Lemor untuk melestarikan berbagai spesies, tidak saja flora tapi juga fauna endemik setempat.

1.489 Personel Gabungan Kawal Demo Depan Gedung DPR, Pengalihan Arus Situasional

“Kebun Raya Lemor sudah lama diciptakan oleh masyarakat Lombok Timur dan menjadi satu-satunya kebun raya di NTB. Komisi VII berkunjung ke sini untuk melihat dari dekat sejauh mana penyelesaian pembangunan kebun raya ini sebelum di-launching,” katanya di sela-sela Kunjungan Kerja Komisi VII DPR RI ke KR Lemor, NTB, Senin (30/7/2018).

Menurut politisi daerah pemilihan NTB ini, manfaat KR sangat jelas untuk jangka panjang, yaitu kelestarian lingkungan, arena bermain anak-anak, dan sebagai menimba pengetahuan flora fauna khas NTB.

Ada Demo di Depan DPR, Arus Lalu Lintas dari Semanggi ke Slipi Dialihkan

“Anggrek Vanda kita minta dikembangbiakkan dan disebarkan. Untuk infrastruktur kami coba perjuangkan lewat parlemen ke pemerintah pusat, agar Kementerian PUPR menganggarkan infrastruktur untuk kebutuhan sebuah KR,” imbuh Kurtubi.

Di hadapan petugas KR Lemor, politisi Partai NasDem ini juga segera menyumbangkan sepeda motor roda tiga sebagai pengangkut sampah yang masih kurang. Bahkan, ia juga akan membantu merealisasikan sumur bor untuk KR Lemor.

Sebelumnya, otoritas KR Lemor menyampaikan, sebagai taman koservasi, saat ini Lemor membutuhkan sumur bor dan infrastruktur jalan untuk menunjang pemeliharaan dan akses masuk. (dpr.go.id)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya