Tim Kampanye Jokowi Tanggapi Santai Anggapan Demokrat Main 'Dua kaki'

Sekretaris Jenderal PKB dan Anggota DPR, Abdul Kadir Karding.
Sumber :

VIVA – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin menyikapi santai sikap Partai Demokrat yang merestui sejumlah kader mereka mendukung pasangan petahana.

Survei PWS: Kepuasan Rakyat Terhadap Kinerja Jokowi-Maruf Turun

Menurut Wakil Ketua TKN, Abdul Kadir Karding,  dukungan dari para kader Demokrat hanya bersifat pribadi. Sehingga tak ada yang perlu diperdebatkan mengenai hal tersebut. 

"Bagi kami, tidak patut mengomentari kebijakan internal Demokrat. Begitu pula kami tidak patut memaksa atau mendorong-dorong kader yang bergabung dengan kami. Terserah mereka, mereka orang-orang dewasa kok," kata Karding ketika dihubungi VIVA, Minggu 9 September 2018.

Survei SMRC: Kepuasan Terhadap Kinerja Jokowi Turun Jadi 68,5 Persen

Karding punya alasan, mengapa sejumlah kader partai pimpinan Susilo Bambang Yudhono itu memilih Jokowi dibanding mengikuti keputusan mendukung Prabowo Subianto - Sandiaga Uno.

Ia mengambil contoh Lukas Enembe kader Demokrat yang merupakan Gubernur Papua. Lukas menurut Karding mengapresiasi kerja Jokowi selama menjadi presiden yang begitu memerhatikan wilayahnya.

Buka Bersama, Sekjen Parpol Pendukung Jokowi-Maruf Harap Makin Solid

"Karena merasa Pak Jokowi sejak memimpin berdampak bagus bagi rakyat Papua. Infrastruktur puluhan tahun ingin ditembus, ternyata tidak ga bisa tembus. Zaman Pak Jokowi tiga tahun tembus," ujarnya.

Selain itu, Karding juga tak khawatir dukungan Demokrat ini berpengaruh ketika nantinya Jokowi-Ma'ruf akan terpilih. Seluruh tim pemenangan Jokowi pun terdiri dari beberapa unsur termasuk di dalamnya partai pendukung, relawan dan kader non koalisi.

"Secara pribadi mereka punya sumbangan-sumbangan tidak ada masalah. Memang kan pemenangan Pak Jokowi tidak hanya partai, juga relawan dan tokoh-tokoh personal. Semua lah," kata Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa ini.

Sebelumnya diketahui, sejumlah kader Demokrat yang mendukung Jokowi- Ma'ruf Amin belakangan mulai menampilkan diri ke publik.

Mereka ialah, Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Madji atau Tuan Guru Bajang, Gubernur Papua Lukas Enembe, mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar. Bahkan Deddy, sudah menyatakan diri bergabung dalam tim kampanye nasional sebagai juru bicara. (mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya