Ketua DPR: Jurnalis Bebas Tentukan Topik yang Mau Diangkat

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.
Sumber :

VIVA – Ketua DPR Bambang Soesatyo menyatakan, jurnalis mempunyai kebebasan untuk menentukan topik yang akan diangkat. Hal itu ia sampaikan menanggapi kegeraman Prabowo karena banyak media yang tak menjadikan aksi Reuni 212 menjadi berita utama.

Rumah Pemenangan Prabowo-Gibran di Menteng Dibobol Maling

"Saya hanya bisa menjawab sebagai mantan jurnalis. Jurnalis punya kebebasan dan saya mantan pemimpin redaksi bebas menentukan topik apa yang mau diangkat sesuai dengan misi koran atau media yang saya pimpin," kata pria yang akrab disapa Bamsoet ini di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis 6 Desember 2018.

Dia hanya menegaskan, topik yang diangkat itu harus memberikan edukasi kepada masyarakat. Berita yang diangkat juga menurutnya harus memberikan informasi yang benar.

MK: Sidang Sengketa Pilpres Langsung Baca Putusan pada 22 April

"Memberikan pendidikan kepada masyarakat. Yang kedua memberikan informasi yang benar dan tepat. Yang tiga memiliki misi mencerdaskan bangsa dan menjaga persatuan dan kesatuan," ujarnya menambahkan.

Mengenai Prabowo yang menyebut wartawan tidak objektif terkait aksi 212, Bamsoet enggan mengomentari lebih lanjut. Dia mengembalikan soal itu kepada Prabowo.

Mayor Teddy Ultah, Prabowo Tugaskan Distribusi Bingkisan untuk Warga Kampung Nelayan

"Ya menurut saya yang bisa menjawab Pak Prabowo sendiri. Saya tidak diberi kewenangan untuk menjawab itu," kata politikus Partai Golkar ini.

Sebelumnya, Prabowo menyebut reuni akbar pada Minggu lalu itu belum pernah terjadi di dunia. Ketua Umum Partai Gerindra itu menyebutkan, 11 juta orang menghadiri acara itu.

"Hampir semua media tidak meliput 11 juta orang yang kumpul, belum pernah terjadi di dunia. Saya kira ini kejadian pertama ada sebanyak itu tanpa dibiayai oleh siapa pun," kata Prabowo di Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Rabu, 5 Desember 2018. (el)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya