Rakornas PDIP Hasilkan 12 Rekomendasi, Bergerak Menangkan Jokowi – VIVA

viva.co.id

Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva

viva.co.id

Jumat, 11 Januari 2019 | 13:47 WIB

Rakornas PDIP Hasilkan 12 Rekomendasi, Bergerak Menangkan Jokowi

Ketua Bidang Politik DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani.
Photo :
  • VIVA.co.id/ Eduward Ambarita

Ketua Bidang Politik DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani.

VIVA – Penutupan Rapat Koordinasi Nasional PDI Perjuangan menyimpulkan 12 butir rekomendasi yang harus dijalankan bagi setiap kader, menghadapi pemilu serentak April 2019.

Hasil rekomendasi dibacakan Ketua Bidang Politik DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, di hadapan hampir 13 ribu kader dari seluruh Indonesia, di arena JI Expo, Jakarta, Jumat, 11 Januari 2019.

Puan menekankan kepada para kader terus berjuang, mengawal, dan memastikan kebijakan politik pemerintah pusat agar tetap mengandung satu haluan ideologi Pancasila, seperti termaktub dalam UUD 1945 dan berpegang teguh pada konsep Trisakti. 

"Rakornas menegaskan, PDI Perjuangan meyakini bahwa jalan demokrasi dalam sistem politik Indonesia adalah pilihan terbaik. Namun demikian, demokrasi yang harus kita bangun dan kita kembangkan adalah demokrasi yang berdasar dan bersumber dari nilai-nilai dan kearifan bangsa Indonesia," kata Puan.

Acara rakornas yang bersamaan dengan HUT ke-46 PDI Perjuangan, mengusulkan kepada pemerintah untuk membentuk badan riset dan inovasi nasional, seperti yang disampaikan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dalam pidatonya, Kamis, 10 Januari 2019. 

Partai berlogo kepala banteng moncong putih berkomitmen mengikuti seluruh aturan yang telah ditetapkan penyelenggara pemilu. "Rakornas mendukung Komisi Pemilihan Umum dalam melaksanakan tugas-tugas penyelenggaraan pemilu secara profesional," ujar Puan.

Selain itu, menurut Puan, partai mendukung Badan Pengawas Pemilu, kepolisian, dan kejaksaan untuk bertindak tegas terhadap segala bentuk pelanggaran, termasuk tindak pidana pemilu selama masa tahapan Pemilu Serentak 2019. 

Puan mengajak masyarakat saling menjaga dan mendorong Pemilu Serentak 2019 agar berjalan dengan aman dan damai. Selain itu, bersama-sama menghindari dan memerangi segala bentuk kampanye hitam, berita bohong (hoax), politik uang, fitnah, dan ujaran kebencian yang dapat merusak serta mencederai demokrasi Indonesia. 

Rangkaian acara rakornas, menurut Puan, merupakan puncak konsolidasi bagi kader di sisa tiga bulan masa kampanye menuju pemilihan legislatif dan pemilihan presiden. 

Tiga pilar organisasi yang berada di struktur partai, legislatif, dan eksekutif diinstruksikan mulai bergerak turun menggerakkan mesin partai. Tiga pilar partai, kata Puan, harus menjadi lokomotif utama mesin penggerak rekan koalisi pendukung, relawan serta kelompok masyarakat.

"Seluruh struktural partai, kader partai serta seluruh calon anggota legislatif partai di setiap tingkatan untuk mengambil inisiatif dalam menggerakkan seluruh partai koalisi pengusung Ir. Joko Widodo-KH. Ma’ruf Amin, relawan dan kelompok-kelompok masyarakat untuk menjamin pemenangan di wilayahnya masing-masing," kata Puan. (art)

    Muat Lainnya...