Politikus Demokrat: Debat Hanya Tunjukkan Karakter, Belum Gagasan

Ketua Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat (PD), Ferdinand Hutahaean.
Sumber :
  • Edwin Firdaus

VIVA – Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum DPP Demokrat Ferdinand Hutahaean menilai, debat kemarin malam menunjukkan karakter kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden. 

Demokrat Ungkap Kejanggalan Pembahasan RUU HIP sejak Awal

Ia menyebutkan, Jokowi ternyata agresif, sementara Prabowo cenderung santun. "Jokowi ternyata agresif, kasar keras dan punya watak otoriter yang bisa kita baca dari kalimat penutupnya yang menyerang dan provokatif serta dari pertanyaannya terkait Gerindra," kata Ferdinand saat dihubungi, Jumat, 18 Januari 2019.

Sementara itu, ia menilai Prabowo dan Sandi tampil lebih santun, ramah dan senyum serta tidak agresif dan tidak terlihat kasar.  

Pilkada 2020, Demokrat dan Golkar Sepakat Usung 33 Paslon

Dia menambahkan, "Bagi saya debat pertama ini belum menunjukkan gagasan kedua paslon tapi baru menunjukkan karakter kedua paslon."

Menurut dia, debat kemarin malam kurang greget karena waktu terlalu dibatasi terutama waktu untuk menjawab dan untuk saling menjawab. Ini harus dievaluasi oleh KPU karena waktu untuk saling menjawab itu sangat penting.

Bertemu Said Aqil, AHY Bicara Kemiripan Demokrat dengan PBNU

"Agar masyarakat kita tahu dan mengenal siapa sebetulnya capres kita ini dan apa gagasannya tentang Indonesia," kata Ferdinand.

Ia pun meminta agar kisi-kisi tidak diberikan lagi. Sebab capres cawapres malah menjadi tukang hafal. "Lihat Jokowi dan Maaruf Amin, jelas matanya tertuju selalu kepada kertas contekan di hadapannya, ini tidak bisa dibenarkan," kata Ferdinand. (mus)

Warga Baduy memasukkan kertas suara di Pilkada Banten. (Foto ilustrasi).

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten

Banten akan menggelar pilkada.

img_title
VIVA.co.id
1 Juli 2020