Survei LSI: Prabowo Kalahkan Jokowi di Pemilih Terpelajar

Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Adjie Alfaraby, mengungkapkan Prabowo-Sandi unggul terhadap Jokowi-Ma'ruf di dua kantong suara. Salah satunya kantong pemilih terpelajar.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

"Dukungan Prabowo-Sandi pada kantong pemilih terpelajar mencapai 44,2 persen. Sementara dukungan terhadap Jokowi-Ma'ruf pada pemilih ini sebesar 37,7 persen," kata Adjie di kantor LSI Denny JA, Jakarta, Kamis, 7 Februari 2019.

Ia menambahkan, meski Prabowo-Sandi unggul 10 persen terhadap Jokowi-Ma'ruf, masih terdapat 18,1 persen pemilih terpelajar yang belum menentukan pilihan. Populasi kantong ini hanya 11,5 persen.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

"Pemilih terpelajar cukup penting karena kemampuan memengaruhi opini publik," kata Adjie.

Ia menjelaskan pada kantong pemilih ini, dukungan terhadap Jokowi-Ma'ruf cenderung menurun. Pada Agustus 2018, dukungan pemilih terpelajar pada Jokowi-Ma'ruf sebesar 40,4 persen. Tapi pada Januari 2019 turun menjadi 37,7 persen.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

"Dukungan terhadap Prabowo-Sandi cenderung stabil dalam lima bulan terakhir. Pada Agustus 2018 dukungan terhadap Prabowo-Sabdi 44,5 persen, dan saat ini sebanyak 44,2 persen," kata Adjie.

Survei ini dilakukan pada 18-25 Januari 2019 dengan 1.200 responden. Survei menggunakan metode multistage random sampling di 34 provinsi. Margin of error sebesar 2,8 persen. LSI juga melakukan riset kualitatif dengan metode FGD, analisis media, dan indepth interview.

Jokowi ternyata dapat dukungan dari almamater Sandiaga Uno di Pangudi Luhur. Tak percaya? Cek dalam video di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya