Ketua DPR Sampaikan Perayaan Natal Momentum Perkuat Kebhinekaan

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo saat membuka acara Perayaan Natal Bersama.
Sumber :

VIVA – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan perayaan Natal bersama dilingkungan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI merupakan momentum untuk memperkuat semangat Kebhinekaan. Menurutnya, kemajemukan yang ada di dalam masyarakat justru sumber kekuatan utama bangsa Indonesia.

Kelangkaan Minyak Goreng, Komisi 6 DPR: Rantai Pasok Rusak

“Perkenankan saya mengucapkan Selamat Natal 2018 dan Selamat Tahun Baru 2019 bagi seluruh tamu undangan yang hadir pada malam hari ini. Saya hadir di ruangan ini bersama saudara-saudari sekalian, karena saya menganggap acara ini merupakan momen yang sangat penting. Momen penting bagi keindonesiaan kita, penting bagi toleransi kita, dan penting bagi masa depan bangsa kita,” ujar Bamsoet, sapaan akrabnya, saat membuka acara Perayaan Natal Bersama di Ruang Pustakaloka, Gedung Nusantara IV, Senayan, Jakarta, Rabu (06/02/2019).

Dalam sambutannya, Bamsoet berpendapat bahwa sikap toleransi dan dukungan merupakan ruang kekeluargaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, sehingga kemajemukan yang ada di dalam masyarakat Indonesia bukan menjadi sumber pemecah belah melainkan harus menjadi kekuatan utama bangsa Indonesia.

Pimpinan DPR Belum Izinkan RUU TPKS Dibahas saat Reses, Ini Alasannya

Agama apapun mengajarkan, untuk senantiasa menyebarkan cinta kasih kepada sesama. Karena itu, siapapun tidak boleh menjadikan agama sebagai alat permusuhan apalagi sebagai alat politik. “Oleh karena itu saya menilai, kehadiran saya dalam Perayaan Natal malam ini sangatlah penting, sehingga dapat memancarkan semangat kebangsaan di tahun politik ini yang semakin panas,” tegas Bamsoet.

Legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini menambahkan, penting untuk membuka ruang dialog diantara pemeluk agama, agar melalui dialog tersebut,antar umat beragama bisa menguatkan satu sama lain meskipun berbeda keyakinan, namun tetap bersaudara dalam kemanusiaan.

DPR Minta Pemerintah Tak Naikan Harga BBM Bersubsidi

“Jadi kami anggap bahwa pesan-pesan kelahiran Yesus itu penuh dengan pesan damai, cinta kasih, dan sangat relevan bagi situasi bangsa indonesia sekarang ini, terutama  pada konteks tahun politik dalam menyambut Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif 2019,” tutur Legislator F-PAN tersebut.

Sementara itu, Kepala Biro Pemberitaan Parlemen DPR RI Yohannes O.I. Tahapari menjelaskan bahwa pesan Ketua DPR RI sudah sangat jelas dan tegas bahwa semua ajaran agama itu didasari oleh cinta kasih dan damai.

Hadir dalam acara Perayaan Natal tersebut, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise, para Duta Besar, dan Persatuan Gereja Indonesia (PGI).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya